Mohon tunggu...
Sarah Fitri Anjani
Sarah Fitri Anjani Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Jurusan. Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Program Penanggulangan Dampak Covid-19

24 Juli 2021   15:42 Diperbarui: 24 Juli 2021   16:05 80 2 1 Mohon Tunggu...

Tangerang (24/07/2021)

Tahun 2020, merupakan tahun yang cukup sulit hampir di seluruh negara termasuk Indonesia. Dengan marebaknya pandemi covid-19 dengan memorak-porandakan berbagai sector, mulai dari bidang pemerintah, ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Tak pandang status, ras, agama, umur, dsb. Coronavirus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan sebutan COVID-19, virus tersebut dapat menyerang kapan, siapa dan dimana saja.

 Virus ini dapat menginfeksi pada sistem pernapasan dan kemungkinan terburuknya dapat menyebabkan kematian. Sejak diumumkan oleh WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia pada tanggal 09 Maret 2020. Berdasarkan surat Edaran yang dikeluarkan dengan adanya pandemik ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nomor 3, Tahun 2020 serta surat Edaran nomor 4 Tahun 2020 yang berisi tentang pelaksanaan pendidikan di masa darurat penyebaran covid-19. 

Mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sekolah dengan mentiadakan tatap muka langsung, namun digantikan melalui kegiatan belajar mengajar dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan kata lain ialah pembelajaran secara daring dan dibantu dengan Self-Directed Learning. 

Melihat dampak wabah covid-19 yang mempengaruhi system pendidikan, maka segenap jenjang pendidikan termasuk Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan kegiatan KKN Tematik dengan menghadirkan beberapa program yang disusun dengan tujuan dapat menganggulangi dampak perubahan melaului bidang pendidikan dan ekonomi. Program yang saya kemas ialah mengenai pendidikan, yang bertemakan “Membangun Desa dalam Bidang Pendidikan”. Dengan begitu kampus Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI) Bumi Siliwangi, menghimbau mahasiswa dalam melakukan program KKN secara daring dibawah naungan LPPM UPI.

Saya sebagai mahasiswa UPI Bumi Siliwangi, yang turut melaksanakan program KKN Tematik di bidang pendidikan, mampu menjalin kerjasama dengan SDN Pupiptek dalam pelaksanaan program disekolah. Hal yang saya lakukan hanyalah memberikan pendampingan, seperti: pendampingan dalam penyusunan RPP bagi guru, memberikan pelatihan kepada guru dan siswa dalam penggunaan media belajar seperti aplikasi zoom meeting, google classroom, google meeting, dan watshapp group

Dalam aplikasi tersebut dapat memberikan edukasi kepada orang tua tentang bagaimana mendampingi siswa selama belajar dirumah, membantu guru dalam penguatan pembelajaran dengan mendesain media pembelajaran serta mentaati peraturan protokol kesehatan dalam pembelajaran jarak jauh.

Secara umum, pembelajaran daring merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka secara langsung, melainkan secara online dengan memanfaatkan berbagai macam platform digital yang tersedia. Dengan pergantian sistem kegiatan belajar mengajar, tentu butuh arahan dalam pengguanaan media tersebut. untuk menghindari kekacauan dalam menggunakannya. Beberapa kendala saat pelaksaan media pembelajaran jarak jauh, diantaranya ialah:

  1. Siswa kurang mahir dalam penggunaan media, sehingga merasa kesulitan dalam bergabung pada aplikasi yang ditentukan
  2. Siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga kurangnya konsentrasi dalam belajar
  3. Kurangnya gawai dan koneksi internet yang memadai
  4. Siswa yang enggan dan merasa malas mengikuti pembelajaran daring
  5. Siswa yang tidak memiliki handphone sehingga sulit untuk mengikuti pembelajaran secara daring
  6. Guru yang cenderung pasif dalam mengajar sehingga siswa mudah merasa bosan
  7. Banyaknya orangtua yang kurang dalam memberikan arahan pada anaknya saat pembelajaran daring

Dengan berbagai masalah yang dihadapi dapat dilakukan melalui Self-Directed Learning merupakan sebuah keterampilan yang baik untuk pengembangan diri siswa selama pembelajaran daring. Berbagai macam platform media sosial dapat digunakan dalam menggali ilmu sebanyak mungkin sehingga tidak terpaku pada materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini juga berdampak pada siswa dengan membuka beberapa media seperti Website, YouTube, Instagram, Facebook, maupun social media lainnya yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran daring.

Alasan – alasan ini dapat kita amati pada proses pembelajaran daring yang berlangsung kurang lebih selama setahun terakhir. Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah dan tenaga pendidikan dalam keberlangsungan pembelajaran daring. Yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan KKN Tematik UPI, ialah SD Negeri Puspiptek yang berada di dalam komplek Puspiptek, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN