Sarah Elvira

hobi saya menonton film

Gunung Telomoyo: Wisata Alam Hadirkan Cerita

12 Oktober 2022   07:55 Diperbarui: 12 Oktober 2022   08:10 297

Pagi itu dingin menyelimuti suasana di kota Salatiga, kicauan burung belum sama sekali terdengar pun ayam yang masih terlelap dalam tidurnya. Aku bergegas menghubungi ke dua kawanku untuk memastikan mereka sudah menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa ke tempat tujuan nanti. Jarum jam terus berputar, hingga sekitar pukul tiga dini hari kami memulai perjalanan ke tempat wisata yang telah lama ingin dikunjungi.

Gunung Telemoyo, objek wisata alam yang berlokasi di antara kota Magelang dan Semarang dengan ketinggian 1894 mdpl ini menjadi destinasi kami di pagi yang masih pekat dengan kegelapan.

Keindahan alamnya yang eksotis serta pemandangan dari puncak gunung yang memukau hasil dari iming-iming postingan pengunjung lain di media sosial, membuat kami bergegas ingin segera sampai puncak gunung Telemoyo.

Dengan medan yang cukup memacu adrenalin, kami sepakat untuk menjadikan desa Sepakung sebagai titik awal keberangkatan kami menuju puncak Telemoyo yang sudah didambakan sejak lama.

Gunung Telemoyo memiliki dua akses yang dapat digunakan oleh pengunjung, yaitu akses dari desa Dalangan dan Desa Sepakung tempat kami berkumpul. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, tersedia tempat parkir di sekitar gunung Telemoyo.

Medan yang Berbahaya tak Menjadi Penghalang

Setelah menyusuri jalanan pedesaan Sepakung selama kurang lebih satu jam perjalanan, akhirnya kami sampai di tujuan awal yaitu puncak gunung Sepakung. Dari ketinggian 1894 mdpl, pengunjung dapat menikmati indahnya moment sunrise yang paling ditunggu-tunggu.

Medan yang terjal dan berbahaya bukan masalah bagi kami, setelah menjalani padatnya aktivitas di hari kerja, puncak gunung Telemoyo seakan menjadi amunisi untuk melanjutkan aktivitas di hari esok.

Akses gunung Telemoyo dibukanya selama 24 jam bagi pengunjung yang hanya ingin menuju puncak gunung Telemoyo, namun ternyata wisata alam di sini tak hanya sebatas pemandangan alam dari puncak gunung saja.

Sepanjang jalan kami mengamati sekitar yang masih asri dan hawa segar yang menjadi penyemangat kami untuk terus melanjutkan perjalanan menuju puncak, selain menggunakan kendaraan pengunjung juga bisa berjalan kali menuju puncak dengan jarak tempuh yang menghabiskan kurang lebih selama dua jam perjalanan.

Sesampainya kami di puncak tak butuh waktu lama bagi kami untuk segera berbaur dan sekedar bertegur sapa dengan pengunjung lain yang telah lebih dulu tiba.