Mohon tunggu...
Tsarah FuadBaagil
Tsarah FuadBaagil Mohon Tunggu... Mahasiswa UI Adm Niaga

Mahasiswa UI Adm Niaga

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Proposal Future Development - Analisis BMC Pada Perusahaan Nonicof

29 Mei 2019   20:35 Diperbarui: 29 Mei 2019   20:43 0 0 0 Mohon Tunggu...

BAB 1
PENDAHULUAN


Menurut hasil survei pada tahun 2015 penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 255,59 juta jiwa (Katadata.co.id, 2018) dan berdasarkan hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS 2015) jumlah laki-laki sebanyak 128,48 juta jiwa dan 127,1 juta jiwa perempuan. Kemudian di tahun 2018, jumlah penduduk meningkat sebanyak 8,57 juta jiwa menjadi 264,16 juta jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 132,68 juta jiwa penduduk laki-laki dan 131,47 juta jiwa perempuan. Pada tahun 2032 diperkirakan jumlah penduduk akan terus bertambah.


Indonesia menyumbang cukup besar penduduk sebagai negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak (BPS, 2019). Banyaknya penduduk menunjukan bahwa aktivitas yang terjadi dalam sehari cukup tinggi atau dapat dikatakan mobilitas Warga Negara Indonesia sangat tinggi. Kepadatan penduduk memiliki hubungan yang erat dengan kemacetan (sindonews.com, 2017), sedang kemacetan memiliki kaitan yang erat pula dengan penggunaan kendaraan bermotor. sistem mass transportation di Indonesia yang belum memadai juga merupakan salah satu alasan terbesar mengapa banyak orang, khususnya di kota-kota besar, memilih menggunakan kendaraan bermotor. Banyaknya penggunaan kendaraan bermotor mengakibatnya semakin meningkatnya polusi udara.


Polusi udara sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan daripada orang, tidak sadar akan bahaya polusi terhadap kulit. Orang cenderung mengetahui bahwa efek berbahaya dari polusi udara hanya pada pernapasan. Polusi udara dapat menyebabkan kerusakan kulit. Beberapa contoh dampak polusi pada kulit yakni penuaan dini dan iritasi kulit hingga kanker kulit. Tingkat paparan dan berapa lama Anda terpapar oleh polusi tersebut memberikan dampak kerusakan yang berbeda-beda pada kulit. Apabila kulit terkena paparan polusi udara dalam jangka panjang maka akan berakibat fatal hingga dapat menyebabkan kematian. Oleh karena hal tersebut penting bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi terutama di daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.


Menelaah permasalahan tersebut perawatan kulit atau skin care merupakan solusi terbaik yang mudah dilakukan. Mengkudu atau Noni merupakan salah satu perawatan kulit yang dapat menjadi pencegah akan bahayanya polusi. Salah satu dari banyaknya manfaat Noni adalah Manfaat pace atau mengkudu juga memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan juga anti virus yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan oksidatif dan juga penyebab jerawat. Radikal bebas yang bisa di kontrol akan mempercepat proses penyembuhan jerawat sekaligus mengatasi peradangan serta warna kemerahan yang ditimbulkan dari jerawat (manfaat.co.id, 2019). Kemudian apabila digabungkan dengan manfaat dari kopi adalah melawan ancaman radikal bebas dan efek buruk dari sinar UV. Salah satu antioksidan itu terdapat pada biji kopi yang terbukti mampu melindungi kulit. Tak cuma itu, kopi juga disebut mampu melindungi kulit dari risiko kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet (CNN, 2018). Produk Nonicof menghadirkan sejuta manfaat bagi masalah diatas, namun memang tak banyak dikenal orang khasiat ini.


BAB II
BUSINESS MODEL CANVAS


2.1 Customer Segmentation
Dalam produk Nonicof, segmentasi pasar yang dituju adalah laki-laki dan perempuan yang memiliki mobilitas tinggi.
2.2 Value Proposition
Dalam elemen ini, Produk Nonicof memiliki beberapa keunggulan yang menjadi manfaat yang ditawarkan oleh kami untuk konsumen. Brand kami memberikan 3 keunggulan untuk konsumen, yaitu Usability (Kenyamanan), Uniqueness Product (Produk yang Unik), dan Newness (Pembaharuan).
2.2.1 Usability (Kenyamanan)
Kenyamanan merupakan salah satu hal yang menjadi alasan utama mengapa saya membuat brand Nonicof. Nonicof menawarkan value proposition ini dengan maksud bahwa Nonicof menawarkan produk yang nyaman dan mudah digunakan serta memudahkan konsumen dalam merawat kulit wajah dan tubuh.
2.2.2 Uniqueness Product
Keunikan dalam produk saya adalah dimana belum pernah ada skin care yang menggabungkan dua bahan tersebut sehingga produk yang ditawarkan oleh Nonicof menjadi keunikan tersendiri.
2.2.3 Newness
Produk Nonicof memiliki racikan skin care yang saat ini belum pernah ditawarkan oleh skin care manapun sebelumnya. Skim care yang ditawarkan oleh Nonicof menggabungkan dua bahan dengan fungsi yang sama namun berbeda dan melindungi kulit terhadap paparan sinar UV serta polusi udara.
2.3 Channels (Saluran)
Saluran dalam bisnis kami adalah bagaimana brand kami terdengar dan produk kami sampai ke tangan konsumen. Saluran kami terdiri dari 5 tahap yaitu awareness, evaluation, purchase, delivery dan after sales.
2.3.1 Awareness
Dalam tahap ini Nonicof akan berupaya memperkenalkan brand dan produk secara online maupun offline. Secara online Nonicof akan memanfaatkan beberapa media, terutama media sosial seperti insrtagram, twitter, dan juga facebook. Dalam menarik perhatian konsumen, Nonicof akan membuat beberapa konten dan campaign semenarik mungkin dengan mengikuti selera perkembangan zaman. Konten dan campaign akan
dilakukan dalam bentuk katalog serta video produk. Nonicof juga tentunya akan aktif mengembangkan website daripada brand Nonicof. Selanjutnya, secara offline Nonicof akan membuka booth dalam acara-acara tertentu yang sekiranya berkaitan dengan brand serta produk Nonicof. Lalu Nonicof juga akan menjalankan personal selling dan personal awareness ke orang terdekat kami seperti orang tua, sanak saudara, teman dan kolega agar mereka juga dapat memberitahu orang-orang tentang produk kami atau nama lainnya adalah word of mouth.
2.3.2 Evaluation
Evaluasi yang dimaksud adalah cara yang dipakai untuk menyampaikan serta meyakinkan value proposition yang telah dibuat. Nonicof akan menunjukan value yang diberikan kepada calon pelanggan dengan memperlihatkan keunikan dan kebaharuan produk yang menggabungkan dua bahan sekaligus sebagai pelindung kulit wajah, tentunya dengan menunjukan beberapa testimoni yang telah menggunakan produk nonicof secara rutin kemudian evaluasi ini juga untuk melihat respon dan feedback dari calon pelanggan atau pelanggan agar menjadi perbaikan bagi value propsition produk nonicof kedepannya.
2.3.3 Purchase
Konsumen dapat membeli produk kami melalui tiga cara yaitu dengan uang tunai untuk pembelian langsung seperti di bazzar dan cash on delivery. Kedua, pembeli dapat menggunakan transfer uang ke rekening kami melalui atm atau mobile banking untuk pembelian melalui line@ ataupun media sosial lainnya seperti instagram dan facebook. Ketiga, pelanggan dapat membeli produk kami melalui marketplace seperti tokopedia dan shopee.
2.3.4 Delivery
Dalam proses menyalurkan produk agar sampai kepada pelanggan, Nonicof akan bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman seperti JNE, J&T, Si-Cepat, dan juga Go-Send apabila jarak dari tempat pengiriman produk ke tempat pelanggan dekat atau pelanggan ingin produknya cepat sampai pada hari yang sama.
2.3.5 After Sales
Apabila pelanggan sudah melakukan transaksi, Nonicof akan memberikan konsultasi dengan dokter kecantikan secara gratis apabila mengalami ketidakcocokan dengan produk Nonicof. Ini akan diberikan dalam jangka waktu satu bulan pemakaian.
2.4 Customer Relationship
Dalam mengatasi hubungan antara brand dan pelanggan, Nonicof akan menggunakan sistem customer relationship long-term atau hubungan jangka panjang antara produk dengan pelanggan.
2.5 Revenue Stream
2.5.1 Payment Methods
Metode pembayaran yang kami sediakan bagi konsumen adalah dengan metode pembayaran melalui Cash (secara tunai). Namun, tak hanya dengan cash, Nonicof juga menyediakan metode pembayaran transfer melalui 3 rekening bank yaitu bank BCA, Mandiri, dan BNI.
2.5.2 Sales Flow
Aliran penjualan Nonicof adalah Selling product. Pendapatan utama kami ada pada penjualan produk utama kami yaitu skin care.
2.5.3 Pricing Method
Dalam menentukan pricing method, Nonicof memutuskan menggunakan fix menu pricing, dimana harga sudah ditentukan oleh penjual dan tidak diperkenankan adanya proses tawa-menawar. fix menu pricing yang sudah ditetapkan oleh Nonicof dapat berubah sewaktu-waktu apabila ada hal yang mendesak atau kepentingan promosi.
2.6 Key Activities
Dalam menjalankan bisnis Nonicof, tidak terlepas dari aktivitas-aktivitas kunci atau aktivitas yang penting untuk merealisasikan produk agar dapat dibuat dan dijual kepada konsumen. Key Activities yang dijalankan terdiri dari lima aktivitas yaitu aktivitas produksi, aktivitas pengemasan, aktivitas pemasaran, aktivitas pengantaran, dan aktivitas penghitungan keuangan dan akuntansi.
2.6.1 Aktivitas Produksi
Proses produksi terbagi menjadi pencarian supplier untuk bahan baku, pencarian laboraturium (tempat final test dari produk), pembuatan racikan produk. Diperkirakan seluruh proses akan berjalan selama sekitar 1 bulan.
2.6.2 Packaging
Setelah proses produksi, proses selanjutnya adalah proses pengemasan. Proses pengmasan akan menggunakan jasa pengemasan yang steril, sehingga tidak merusak produk kami.
2.6.3 Marketing
Aktivitas marketing atau pemasaran yang akan dilakukan adalah dengan online maupun offline. Secara online, Nonicof akan membuat akun media sosial seperti Instagram dan LINE@ untuk mulai mengenalkan brand kepada calon konsumen. Nonicof akan membuat konten-konten dan foto yang menarik di media sosial karena akan menambah value dari brand Nonicof dan meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen untuk menggunakan produk Nonicof. Nonicof juga akan menjelaskan filosofi brand dan produk
agar konsumen dapat mengenal secara utuh dengan produk dan brand. Secara offline, Nonicof akan melangsungkan bazaar dan penjualan secara langsung.
2.6.4 Delivery
Aktivitas delivery dilakukan untuk mengantar bahan baku langsung ke laboraturium kemudia langsung diproduksi di laboraturium. Kemudian akan langsung dipackaging di tempat yang sama dengan menggunakan teknologi pengemasan yang dapat steril. Lalu, delivery terhadap konsumen dalam online akan menggunakan jasa pengantaran seperti JnT, TIKI dan GO-SEND yang biayanya akan ditanggung oleh konsumen.
2.6.5 Finance dan Accounting
Aktivitas pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis akan Nonicof lakukan agar perhitungan modal, pembiayaan dan laba usaha tercatat dan terhitung dengan baik.
2.7 Key Activities
Dalam menjalan key activities atau aktivitas-aktivitas kunci, dibutuhkan berbagai sumber daya agar dapat terealisasikan. Sumber daya yang dibutuhkan antara lain physical (fisik), intellectual (intelektual), financial (sumber daya pendanaan), Human (sumber daya manusia) dan supporting things (sumber daya pendukung).
2.7.1 Physical
Sumber daya fisik yang dibutuhkan dalam mendukung key activites brand Nonicof adalah bahan baku yang berupa Noni dan kopi, dan pengemas atau packaging.
2.7.2 Intellectual
Sumber daya intelektual adalah yang berkaitan dengan aset yang tidak tampak atau intangible aset yang berupa hak paten merek dan logo brand. Proses untuk mengajukan hak paten atas merek dan logo akan dilakukan setelah proses produksi karena melihat banyaknya berkas yang akan disiapkan serta lisensi seperti BPOM dan Halal MUI.
2.7.3 Financial
Sumber daya pendanaan atau modal berasal dari modal pribadi dari tim Nonicof. Diperkirkan setiap anggota tim Nonicof akan mengeluarkan modal sekitar Rp 10.000.000.
2.7.4 Human
Sumber daya manusia yang dibutuhkan adalah kami sendiri selaku tim Nonicof yang akan dibagi menjadi beberapa tim untuk memegang bagian penting dari bisnis ini.
2.7.5 Supporting Things
Sumber daya pendukung lainnya adalah laptop dan handphone untuk menjalankan proses pemasaran, pembelian dan berkomunikasi dengan semua partner Brand. Setelah itu
juga ada media sosial dan internet yang juga akan membantu dalam menjalankan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan jaringan internet.
2.8 Key Partners
Dalam menjalankan bisnis produk Angge, diperlukan kerjasama antar beberapa pihak. hal ini menjadi penentu baik dalam kualitas maupun kuantitas yang dapat dihasilkan oleh produk Nonicof. Nonicof memiliki 2 bagian yang menjadi key partners, yaitu main partners dan main supplier dengan type of partnership.
2.8.1 Main Partner
Dalam proses memproduksi, Nonicof akan bekerjasama dengan jasa pengiriman barang serta jasa peminjaman alat packaging.
2.8.2 Main Supplier
Produk Nonicof merupakan produk skin care yang berbahan dasar Noni dan kopi. Jadi, main supplier brand ini adalah pemasok Noni dan juga kopi yang unggul.
2.8.3 Type of Partnership
Kerjasama yang dilakukan baik dengan main partner maupun dengan main supplier adalah strategic alliance between non-competitors. Dalam kerjasama ini, setiap elemen berkaitan satu sama lain dan saling melengkapi dari proses awal hingga menjadi finished goods yang siap untuk dipasarkan.


BAB III
PENUTUP


Dalam membuat Proposal Future Development ini, hal yang perlu diingat adalah bahwa produk ini memiliki 3 value proposition yang perlu diingat sebagai keunggulan, yaitu Usability, Uniqueness Product, dan Newness. Ketiga value tersebut merupakan tiga nilai yang sangat dipegang teguh oleh prinsip brand Nonicof. Melihat adanya peluang di era yang semakin tingginya tingkat polusi dan bertambahnya jumlah penduduk menunjukan bahwa tingginya mobilitas di dalam daerah tersebut. Maka dari itu penulis mengambil latar belakang ini sebagai alasan mengapa saya ingin menjalankan produk ini.


DAFTAR PUSTAKA
Artikel Katadata.co.id dengan judul ["Jumlah Penduduk Perempuan Mulai 2032 Lebih Banyak dari Laki-Laki "] ,
CNN Indonesia
Manfaat
Sindonews