Mohon tunggu...
Ilham Saputra
Ilham Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Moslem

Roses are red, Violets are blue if you find something in me thats gotta be nice too

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

HUT ke-33 LPDS Menggelar Webinar untuk Penyandang Disabilitas

31 Juli 2021   23:14 Diperbarui: 31 Juli 2021   23:51 17 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
HUT ke-33 LPDS Menggelar Webinar untuk Penyandang Disabilitas
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS)  dalam rangka HUT ke-33 tahun, telah mengadakan Web-seminar (Webinar) bertema "Media dan Disabilitas" Moderator, Cory Olivia dari Tagar.id membuka acara Webinar tersebut yang akan dihadiri oleh Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T., selaku Menteri Sosial, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh D.E.A sebagai Ketua Dewan Pers, akan tetapi karena Ibu Menteri Sosial berhalangan hadir hingga diwakili oleh Harry Hikmat sebagai Dirjen Rehabilitas Sosial Kementerian Sosial (KemenSos).

 Nuh menyampaikan, memenuhi kebutuhan bagi warga berkebutuhan khusus merupakan tanggung jawab negara. Negara mempunyai tugas untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. "Jadi jika negara tidak melindungi, berati negara abai terhadap tugasnya," kata Nuh dalam diskusi yang diikuti hampir 200 peserta dari dalam dan luar negeri tersebut.

Harry Hikmat sepakat dengan webinar yang diselanggarakan bertema media dan disabilitas ini, salah satunya untuk mencegah diskriminasi bagi penyandang disabilitas, sesuai dalam Undang-Undang  No. 8 tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Indonesia adalah sebuah Negara dengan sebagian rakyat seperti penyandang disabilitas tetap memiliki hak-hak yang perlu dipenuhi termasuk diantaranya hak informasi di masa Covid-19, Ungkap Harry.

Diketahui bersama bahwa sebagian Warga Negara Indonesia khususnya yaitu penyandang disabilitas juga memiliki hak-hak yang musti dipenuhi, termasuk diantaranya mendapatkan hak atas segala informasi.

LPDS juga memberikan hadiah senilai Rp 33 juta kepada sembilan pemenang lomba karya tulis disabilitas dan media massa dengan topik "Menggali Potensi, Mengukir Prestasi".

Lomba ini diikuti oleh tiga kategori peserta, yakni wartawan, disabilitas, dan umum. Sebelum lomba, LPDS menyelenggarakan pelatihan menulis tentang disabilitas secara gratis. 

Tema disabilitas dipilih mengingat jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 30,38 juta jiwa atau 14,2 persen dari penduduk. 

Jika selama ini penyandang disabilitas belum banyak mendapat perhatian, kini saatnya media massa mengangkat dan memberdayakan mereka melalui tulisan-tulisan yang penuh simpati dan empati, serta menginspirasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan