Mohon tunggu...
Sapti Nurul hidayati
Sapti Nurul hidayati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Ibu rumah tangga

Mantan ibu bekerja, yang sekarang jadi IRT biasa. Suka hal-hal yang berbau sejarah. Sedang belajar menulis lewat aktifitas ngeblog. Membagikan cerita dan tulisan di blog pribadi https://www.cerryku.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Memanfaatkan Teknologi untuk Mempererat Silaturahmi

16 Juli 2022   08:00 Diperbarui: 16 Juli 2022   08:02 109 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat teknologi untuk mempererat komunikasi (sumber : Pixabay)

Sebelum covid melanda, masing-masing personil di keluarga kami punya aktivitas sendiri-sendiri. Yang masih belajar punya kegiatan sendiri di sekolah,  demikian pula yang bekerja juga punya kesibukan di tempat kerja.

Kami biasa berkumpul dan berbincang intens saat makan pagi dan makan malam saja. Ketika liburan, kami memang mengkhususkan untuk quality time dengan berpiknik bersama.

Semua rutinitas itu kami lalui selama bertahun-tahun.  Kemudian pandemi datang, yang mengharuskan kami lebih banyak di rumah saja. Intensitas bertemu di rumah yang semakin sering membuat kami menyadari bahwa keluarga adalah support system yang paling penting untuk menghadapi pandemi. 

Bagaimana bersama dapat bertahan agar tidak mengalami keterpurukan di tengah ketidakpastian. Akhirnya agar tidak jenuh dan bosan, kami memutuskan untuk membuat kegiatan agar kami tidak merasa sendirian. Kamipun kemudin berinisiatif untuk mempererat silaturahmi dengan mengoptimalkan manfaat internet.

silaturahmi langsung seperti ini menjadi hal yang istimewa sekali (doc.pri)
silaturahmi langsung seperti ini menjadi hal yang istimewa sekali (doc.pri)

Awalnya kami membentuk grup WA keluarga, baik dari pihak keluarga suami maupun keluarga saya. Tempat kami berbincang ringan, saling menyapa, dan bertukar cerita. 

Tidak cukup sampai di situ saja kamipun kemudian sepakat untuk secara rutin mengadakan pertemuan virtual seminggu sekali. Kami memilih menggunakan media zoom untuk melakukan pertemuan virtual. 

Kebetulan kebanyakan dari kami menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia. Yang jaringannya sudah sampai seluruh pelosok nusantara dan dikenal sebagai internetnya Indonesia

Dalam pertemuan virtual ini kami memberi kesempatan kepada setiap orang untuk menjadi pembicara utama. Yang lain nanti akan menanggapi secara bergantian. Dan hal ini dilakukan secara bergiliran serta terjadwal. 

Bagi yang ditunjuk untuk menjadi pembicara bisa bercerita apa saja. Bisa berbagi pengalaman atau keahlian.Terkadang pertemuan diisi dengan olah raga bersama atau siraman rohani dan mengaji. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan