Mohon tunggu...
Saparuddin S.Pd
Saparuddin S.Pd Mohon Tunggu... Penggiat demokrasi

saparuddin adalah seorang laki-laki yang berumur 29 tahun dan mulai aktif di penggiat demokrasi mulai di kuliah sampai saat ini

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Pentingnya Membangun Jaringan

24 Januari 2020   21:42 Diperbarui: 24 Januari 2020   21:39 261 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Membangun Jaringan
shutterstock

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa menjalani kehidupan sendirian. Manusia memiliki sifat dasar membutuhkan orang lain, karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan kelebihan dan kekurangan, manusia bisa saling melengkapi satu dengan lainnya.

Ungkapan "Yang penting bukan apa yang  Anda tahu, tapi siapa yang Anda  kenal" tidak sepenuhnya benar, tapi hanya separuh benar. Kenyataannya, dalam mengembangkan karier dan bisnis atau menuntun ke arah cita-cita, yang  penting adalah siapa yang kenal Anda!

Bakat, keahlian, pengalaman dan ke pandaian semata tidaklah cukup untuk  mencetak keberhasilan. Justru, hubungan dan kontak dengan orang lainlah yang akan mendorong Anda menuju  sukses. Sukses bersifat relatif, karena Anda tahu apa yang Anda inginkan, apa nilai yang Anda anut, serta apa yang Anda mau lakukan.

Apakah jejaring itu, Dalam konteks ini, yang kami maksud adalah, proses dua arah yang benar di mana berbagai sumberdaya dibagikan dan diterima. Di dalam  proses ini, ada semangat saling berbagi informasi. 

Informasi! Kalau Anda termasuk tipe  pembangun jejaring yang baik, maka Anda akan bahagia saat Anda dapat memberi kepada mitra-mitra Anda, stakeholder  jejaring, seluruh elemen yang terlibat dalam "proses saling berbagi informasi.

Sepintas, "berbagi informasi" serasa sesuatu yang mudah. Perlu energi lebih,  kalau pertukaran informasi dan berbagi ilmu yang anda miliki. Menerapkan pertukaran informasi dan membangun "jejaring yang efektif" untuk menguatkan sebuah pemikiran, tidaklah segampang menjelaskannya. 

Bagaimana agar sukses membangun jejaring? Saran kami, jadilah pribadi yang menjunjung tinggi cara, proses serta tujuan dibangunnya sebuah jejaring dengan sering bersilaturrahmi, berdiskusi dan saling berkomunikasi satu dengan lainnya, apalagi kita sebagai kader organisasi maka penting lah bagi untuk memperkuat jaringan dan silaturrahmi

Untuk membangun jaringan yang kuat diperlukan pengorbanan yang banyak karna akan menghabiskan waktu dan uang, karna untuk membangun jaringan tidak lah seperti membalikkan telapak tangan, seperti kata istilah yang sering kita dengan "Proses tidak akan menghianati". 

Kita harus melalui proses yang panjang untuk bisa menikmati hasil yang selama ini kita kerja, orang-orang besar saat ini mereka tidak lansung jadi orang besar, tapi banyak proses yang mereka lalui baik duka dan suka salah satu nya dengan membangun jaringan.

Dan Jangan mengabaikan pentingnya ikhtiar mengembangkan dan memperhalus kemampuan melakukan tindak lanjut. Anda mungkin punya banyak informasi menarik dan potensial melancarkan bisnis Anda, tapi semuanya tidak menjadi apa-apa tanpa tindak lanjut.

Sebagai wirausahawan yang berhasrat memperkuat usaha melalui jejaring, fokus tindakan Anda: menyadarkan, bahwa mitra jejaring Anda  punya informasi bernilai. Pastikan, Anda temukan argumentasi yang tepat, apa informasi itu, dan bagaimana ia bisa bernilai bagi Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x