Mohon tunggu...
SANYA CARINAQOBSOH
SANYA CARINAQOBSOH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Surabaya

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hah? Konselor Sekolah? Siapa Takut!

30 November 2022   20:50 Diperbarui: 30 November 2022   20:59 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat kompasiana....

Apa kabar nih sobat kompasiana?

Kalian disini pada pernah denger ngga sih dengan istilah " Konselor Sekolah?".

Nah konselor sekolah atau yang lebih familiar dengan istilah guru BK, guru tata tertib, polisi sekolah, dan lain sebagainya. Nah disini kita akan membahas apasih konselor sekolah ?

Konselor sekolah atau guru bk ialah guru yang memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada para siswa,contohnya layanan informasi dimana seorang konselor sekolah menyampaikan informasi -- informasi mengenai hal yang dibutuhkan siswa dan yang berpotensi untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang bakat dan minat serta membantu siswa dalam menyelesaikan masalah secara mandiri melalui tahap konseling dan akan diberikan arahan berupa bimbingan, dan masih banyak lagi.

Saat masih menjadi siswa pasti kita pernah berfikir sebenarnya apa sih tugas guru BK ? karena menurut pengalaman dari berbagai siswa yang berbeda sekolah tugas dari guru BK ada yang bertugas sebagai guru tata tertib, menjadi petugas TU (tata usaha), mengurus dana bos dan banyak siswa yang tidak mengetahui apa itu guru bk karena di sekolahnya tidak ada jam pelajaran untuk mata pelajaran bimbingan dan konseling.

Saat pertama kali memilih jurusan bimbingan dan konseling saya juga masih bingung sebenarnya ada apa sih di dalam jurusan BK ini dan sebenarnya mengarah kemana?, seiring dengan berjalannya waktu saya baru bisa memahami bahwa sebenarnya guru bk adalah komponen paling penting untuk mendampingi para siswa dalam proses pembelajaran, karena guru bk lebih mementingkan keadaan mental siswa contohnya dalam jurusan BK kita diajarkan bagaimana sih mengetahui jika siswa ada masalah? Dan bagaimana cara mengatasi serta langkah awal apa yang harus kita lakukan ? sebagai konselor sekolah atau guru bk kita memiliki keterampilan yang sangat peka terhadap apa yang terjadi pada siswa terutama siswa yang memiliki masalah, tidak hanya masalah prestasi belajar, guru bk juga memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa yang memiliki masalah keluarga, teman, kebingungan untuk perencanaan kelanjutan studi pendidikan dan lain lain.

Namun, sangat sulit untuk mengubah stigma masyarakat mengenai konselor sekolah masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tugas dan fungsi konselor sekolah itu sebagai apa,bahkan tidak hanya di lingkungan masyarakat, di lingkup sekolah pun masih banyak yang belum tau mengenai peran konselor sekolah sehingga sering sekali terjadi bahwa jam BK pada sekolah tertentu ditiadakan, lalu jam bk diganti dengan seminar atau masih banyak lagi. Dari sini saya belajar bahwa kita memang harus belajar untuk bisa mengetahui dan menemukan apa yang saya bingungkan, untuk langkah awa saya bisa mengubah presepsi / stigma saya mengenai guru bk atau konselor sekolah.

Seperti yang kita tahu bahwa dijaman sekarang banyak orang tua yang belum mengerti mengenai kesehatan mental, dimana mental siswa sangat berpengaruh pada proses belajar, nah disitulah peran guru bk, guru bk mampu untuk membantu para siswa menjaga mental mereka dengan layanan -- layanan yang tersedia di dalam bimbingan dan konseling.

Sejak saat itulah saya merasa sangat bangga dan bersemangat untuk menjadi konselor sekolah karena suatu saat peran saya akan sangat berguna bagi generasi yang akan mendatang dalam bidang pendidikan, jadi apakah kalian masih ragu untuk menjadi konselor sekolah? Jadi konselor sekolah itu keren loh kita bisa menyelamatkan dan membantu banyak orang dalam mengatasi masalah mereka.

Semangat ya untuk sahabat kompasiana yang ingin terjun dalam bidang ini!!!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun