Mohon tunggu...
SANTI SARTIKA
SANTI SARTIKA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Selamat datang di profil kami. Terima kasih sudah mampir, jangan lupa baca dan di share ya:))

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pergaulan yang Baik: Kiat Menjaga Hubungan

14 September 2021   11:55 Diperbarui: 14 September 2021   12:09 67 5 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pergaulan yang Baik: Kiat Menjaga Hubungan
Image from : kumparan.com

Berinteraksi sosial ataupun bergaul merupakan hal yang wajib dan penting untuk dilakukan pada setiap otang. Kepribadian seseorang akan terbentuk dari cara bergaul dan mengenal dunia luar atau keluar dari zona nyaman. Beberapa hal tidak bisa dilakukan hanya dengan berinteraksi dengan keluarga. Perlu adanya interaksi dengan orang luar, sehingga terjadi keseimbangan. Dengan interaksi sosial menjadi terpenuhi kebutuhan bersosialisasinya.

Interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk sosial, jika tidak atas kehendak sendiri maka interaksi sosial tidak akan berjalan dengan baik. Di dalam kehidupan sehari-hari tentu setiap orang memerlukan interaksi sosial, karena dengan berinteraksi banyak manfaat yang didapatkan, sehingga interaksi sosial menjadi sangatlah penting. Interaksi sosial memiliki beberapa manfaat, seperti :

Menjaga hubungan

Memiliki hubungan sosial yang baik dengan individu lain dapat memberikan vibes yang baik pula kepada diri sendiri. Bagi setiap individu menjaga hubungan baik antar individu lain sangatlah penting. Mengingat manusia adalah makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri dan harus bersosialisasi. Dengan berinteraksi sosial maka kita dapat menjaga hubungan baik antara keluarga, teman, guru maupun masyarakat sekitar.

Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik bagi teman, saudara, keluarga, maupun individu lainnya yang dapat dilakukan remaja untuk meringankan beban yang sedang dialami. Posisikan diri sebagai pendengar yang baik dan aktif dengan memberikan saran yang membangun. Namun, tidak semua orang membutuhkan saran ataupun solusi, ada orang yang hanya ingin didengarkan atau hanya butuh teman cerita. Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu manfaat dalam bergaul, dengan menjadi pendengar yang baik kita dapat berinteraksi dengan baik.

Memiliki hubungan yang berkualitas

Tidak mudah bagi setiap orang mempertahankan hubungan tanpa danya masalah dan butuh usaha untuk menjaga hubungan baik agar terciptanya interaksi sosial. Hubungan yang berkualitas ditandai dengan saling memberi, menerima, menasehati, menghargai, tolong menolong, saling percaya, dapat berkomunikasi dengan baik, dan tidak memaksakan kehendak sendiri.

Memiliki suport system

Dukungan sosial menjadi salah satu hal yang harus ada dalam perkembangan manusia, yang berisi hubungan saling percaya untuk menyampaikan keluh kesah dan mencari bimbingan. Suport system menjadi komponen penting dalam kesehatan psikis yang kuat. Dukungan yang tepat dapat membantu mendapatkan solusi yang tepat pula. Keluarga dan teman terdekat adalah tempat bersandar terbaiksaat mengalami masa sulit yang dapat menyebabkan stress. Untuk itu interaksi sosial sangatlah penting dalam hal mencari teman, berinteraksi dengan sewajarnya, dan menjaga hubungan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan