Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger/Content Creator

permasalahan negeri ini ialah keserakahan, kepingin hidup enak tetapi bukan dari hasil kerja keras melainkan mencuri uang rakyat..

Selanjutnya

Tutup

Games Artikel Utama

Review Gim Tower of Fantasy, Bukan Pesaing Genshin Impact

24 Agustus 2022   07:43 Diperbarui: 27 Agustus 2022   21:10 795 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tower of Fantasy (Kompas)

Seperti Anda ketahui dalam artikel sebelumnya, terhitung hampir 10 hari ini Penulis sedang memainkan gim Tower of Fantasy. Gim kreasi Perfect World bergenre MMORPG ini digadang-gadang merupakan pesaing gim terkenal Genshin Impact.

Dari pengalaman Penulis memainkan gim ini, sampai pada chapter 10, level max sementara 46, CS 16.5 ribu (server Pluto) maka Penulis bisa simpulkan bahwa gim Tower of Fantasy bukanlah pesaing gim Genshin Impact yang banyak orang perkirakan sebelumnya, bahkan dapat Penulis bilang keduanya sangat berbeda.

Perbedaan kedua gim menurut Penulis sangat kental yaitu pada bagian plot cerita dimana Genshin Impact Penulis nilai masih jauh lebih unggul.

Cerita dalam Genshin Impact seiring waktu berkembang, boleh jadi karena gim tersebut masih melakukan update secara berkala. Sebagai pemain, Anda bisa merasakan ada konflik dalam karakter yang Anda mainkan dan menyebabkan bagaimanapun karakter Anda harus terlibat dalam alur cerita.

Sedangkan dalam Tower of Fantasy, Penulis menilai gim ini tidak memiliki dasar cerita yang kuat. Sebagai pemain, Anda masuk dalam konflik dimana seorang kakak yang berusaha menyelamatkan adik perempuannya dan Anda ditempatkan sebagai orang ketiga yang seolah-olah menjadi superhero untuk menyelamatkan dunia mereka. Terkesan bagaimana ya, bahkan Penulis tidak ingin tahu lebih banyak dan men-skip segala percakapan yang cenderung membosankan.

Hal berikutnya yang menjadikan Genshin Impact lebih baik dari Tower of Fantasy ialah mengenai kualitas grafiknya. Penulis nilai kualitas grafik dari Genshin Impact jelas sekali lebih unggul, developer menawarkan kualitas grafik yang konsisten baik pada karakter, gameplay, dungeon, maupun di setiap area map yang pemain jelajahi.

Hal tersebut Penulis justru tidak terlihat pada gim Tower of Fantasy. Sebagai catatan, achievement Penulis pada explorasi map sudah mencapai 90 persen lebih. Hampir setiap penjuru dalam gim ini (chapter awal) sudah Penulis singgahi.

Dari pengamatan Penulis kualitas grafik gim Tower of Fantasy terlihat inkonsisten walau dengan setting grafik high, nampak kasar dibeberapa bagian baik karakter, gameplay, maupun setiap area yang Penulis jelajahi.

Map Tower of Fantasy memang sangat luas, akan tetapi sayangnya di beberapa lokasi luas map tersebut nampak mubazir atau kosong melompong. Spot-spot kosong tersebut Penulis lihat cenderung ditujukan untuk spot screenshot karakter bisa pamerkan dalam medsos Anda. 

Kemudian perubahan waktu (pagi hingga malam hari) dan cuaca dalam gim ini Penulis nilai sangat buruk dan tidak memberikan nilai positif dalam gim ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan