Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mau Dapat Suami yang Baik? Perhatikan Salatnya

26 Juli 2019   13:59 Diperbarui: 26 Juli 2019   15:27 0 2 0 Mohon Tunggu...
Mau Dapat Suami yang Baik? Perhatikan Salatnya
Shalat membentuk ahlak yang baik (maltawinds)

Anda seorang wanita Muslimah, single, dan sedang mencari Pria untuk menjadi Suami? Jika anda masuk kategori diatas dan memang sedang mencari sosok Suami idaman maka nasihat Penulis ada baiknya anda pertimbangkan dan perhatikan bagaimana kualitas shalatnya. 

Mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya, loh kok kenapa harus shalatnya? Ya diantara ketampanan, kemapanan, kepribadian, dan kharisma Pria miliki yang umumnya jadi pokok penilaian layak atau tidak menjadi sosok Suami, ibadah shalat memiliki tempat yang istimewa dalam Islam. Bukan hanya karena (ibadah) shalat merupakan tiang agama tetapi ibadah shalat pun dapat menggambarkan kepribadian (ahlak) seseorang tidak hanya dari bungkus luarnya melainkan pula dari dalam dirinya.

Sebagaimana pernah Penulis sampaikan dalam artikel sebelumnya bahwa "Suami adalah Imam bagi Keluarganya" maka sebagai Imam yang baik tentu ia (Suami) akan menjunjung tinggi agama sebagai bagian utama dalam membina rumah tangganya. Selayaknya dikatakan bahwa "shalat adalah tiang agama" maka sejatinya dalam upaya mendidik anggota keluarganya maka ibadah shalat adalah pondasi yang kiranya jangan sampai terlupakan. Mengapa? Karena apabila seorang Suami lalai dalam ibadah shalat baik dirinya maupun anggota keluarganya niscaya hidup (keluarga) akan jauh dari berkah dan ridho Allah subhanahu wa ta'ala.

"Ingat! Kualitas shalat yang baik membentuk ahlak yang baik, tetapi bukan ahlak yang baik maka shalatnya pun baik."

Lantas, apa saja sih manfaat dari ibadah shalat? Ibadah shalat (shalat wajib maupun sunnah) sebagai salah satu bagian dari Rukun Islam bukan saja menjadi kewajiban bagi seorang Muslim (beragama Islam), tetapi dibalik shalat jika kita bersama gali juga tersimpan manfaat dalam membentuk kepribadian agar menjadi sosok yang baik dan manfaat. Apa sajakah itu?

1. Shalat mengajarkan kita prihal kebersihan.

Kiranya sebelum melaksanakan shalat, maka terlebih dahulu kita wajib melakukan wudhu sebagai syarat shalat yaitu bersih atau suci dari hadats dan najis.

Secara nalar saja jika anda akan menghadiri suatu acara formal maka anda akan berusaha tampil baik, bersih, menarik, dan elegan. Ketika anda akan melaksanakan shalat pun demikian, anda kini akan atau mau menghadap Sang Khalik, lebih-lebih lagi anda akan bertamu ke rumah-Nya (Masjid). Maka sudah tentu anda harus tampil sebaik-baiknya (sopan) agar ibadah yang anda laksanakan sempurna di mata Allah.

Namun demikian, tampil baik, bersih, menarik, dan elegan ini bukan selayaknya tampil dengan aneka ragam perhiasan, make-up yang tebal, dan sebagainya, karena shalat adalah ibadah atau proses membentuk keimanan dan ketakwaan tetapi bukanlah ajang peragaan busana di catwalk.

2. Shalat mengajarkan kita tepat waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN