Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Full Time Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Tips PUBG Mobile bagi Pemula

12 Mei 2019   08:15 Diperbarui: 13 Mei 2019   23:45 35 0 0
Tips PUBG Mobile bagi Pemula
Chicken Dinner (dokpri)

Anda tahu PUBG? Sekilas mengenai PUBG atau Player Uknown's Battleground adalah permainan berbasis internet (game online) berlatarkan militer. Game ini bergenre action-survival dimana sejumlah pemain yang terbagi baik itu tim atau perseorangan terjun parasut dari sebuah pesawat menuju area terisolir untuk saling bertempur sampai ada pemenang.

Karena konsep permainan berlatarkan militer maka atmosfer dalam game ini diciptakan sebagaimana layaknya sebuah perperangan. Pemain didalamnya dapat memanfaatkan segala tipe senjata maupun jenis kendaraan baik dari jenis pisau, pistol, shotgun, senapan taktis maupun serbu, dan lain sebagainya.

Semenjak peluncuran resmi game PUBG di PC (Personal Computer) melalui layanan Steam akhir 2017, game ini terus berkembang ke console seperti Xbox, PS4, hingga ranah mobile berbasis Android maupun iOS. Tercatat sampai saat ini lebih dari 400 juta pemain aktif bermain PUBG.

Bermain PUBG memang menyenangkan, akan tetapi terkadang dapat membuat rasa frustasi dikarenakan statistik personal yang buruk. Untuk itu Penulis akan memberikan tips-tips dasar dalam bermain PUBG Mobile, diantaranya :

1. Persiapkan Earphone atau Headphone (dengan fitur Microphone)
Bermain PUBG Mobile selain memerlukan perangkat mobile dengan spesifikasi yang baik, game ini juga membutuhkan Earphone atau Headphone untuk menunjang permainan. Keberadaan alat pendengar tersebut menurut Penulis sangatlah krusial ketimbang hanya mengutamakan minimnya kualitas speaker pada perangkat mobile.

Dengan menggunakan Earphone ataupun Headphone, anda sebagai pemain sekiranya akan lebih sigap menghadapi situasi dalam game seperti mengetahui keberadaan lawan maupun berkomunikasi dengan tim.

2. PUBG adalah game "Action Survival"
Dari Penulis amati, kebanyakan pemain PUBG pemula banyak salah kaprah dalam mengartikan seperti apa game PUBG sebenarnya. Game ini merupakan game bergenre Action Survival yang berarti anda sebagai pemain selain berusaha untuk menang namun pemain juga berusaha untuk bertahan hidup selama-lamanya. 

Game PUBG bukanlah game dimana siapa yang paling banyak menghabisi pemain lain. Oleh karena itu kalkulasi strategi setiap kali anda bermain.

3. Bermain berkelompok lebih baik ketimbang sendiri
Penulis sarankan ketika bermain PUBG Mobile untuk bermain dalam mode tim atau grup (4 orang). Anda bisa saja memilih mode perseorangan atau single untuk mengasah kemampuan personal, namun apabila anda ingin menjadi seorang profesional maka bermainlah selalu mode tim atau grup untuk mengasah kemampuan teamwork baik dengan orang lain maupun rekan anda. Satu hal lagi, semakin banyak orang dalam tim anda yang selamat maka semakin besar kesempatan anda untuk menang.

4. Pilih kostum yang tepat
Game PUBG Mobile memang menyediakan berbagai macam tipe kostum beraneka warna untuk menciptakan variasi dalam game. Namun aneka kostum-kostum tersebut Penulis nilai tidak memiliki nilai plus, oleh karena Penulis sarankan agar menggunakan kostum yang memiliki warna serasi (kamuflase) dengan kondisi mayoritas area lokasi anda bertempur. 

Sebagai contoh warna hijau agar anda dapat berbaur dengan lokasi rumput maupun pepohonan, warna kuning agar anda dapat berbaur dengan lokasi ladang sawah. Atau warna-warna pasif seperti abu-abu agar anda dapat membaur dengan lokasi bebatuan. Jangan gunakan warna-warna mencolok yang dapat mengakibatkan anda terekspos oleh musuh.

5. Hindari Hot Zone
Seringkali kesalahan sebagai pemula ialah terjun ke area-area hot zone atau area dimana persediaan amunisi dan senjata berlimpah. Namun sebenarnya terjun ke area hot zone sangatlah beresiko membuat anda atau rekan tim anda terbunuh lebih awal dikarenakan area tersebut umum dijadikan lokasi terjun pemain yang lain.

Sebelum terjun sebaiknya anda perhatikan area-area taktis yang sekiranya menguntungkan bagi tim anda maupun meminimalisir resiko terbunuh.

6. Be a Smart Player
Bermain PUBG Mobile butuh kepandaian. Dalam pengertian seperti ini, game berbasis mobile memiliki kekurangan yaitu dimensi layar yang terbatas. Berbeda halnya dengan PC maupun console yang dapat menggunakan besarnya layar monitor ketika bermain sehingga memudahkan anda agar lebih sigap mengamati situasi kondisi dalam permainan. 

Oleh karena itu, anda harus pandai-pandai dalam melihat situasi, seperti jangan mengkonfrontir (berhadapan langsung) musuh yang jaraknya sangat jauh walau anda bermodalkan scope aim (karena pergerakan musuh dalam perangkat mobile bisa hanya digambarkan dengan titik berjalan pada layar). 

Tunggu agar musuh posisinya lebih dekat, gunakan mode single shoot atau menembak secara bertahap pada senjata (jangan burst mode) yang anda gunakan sehingga anda menembak lebih terukur dan presisi.

Kemudian jangan mengkonfrontir sekiranya musuh disekeliling anda lebih banyak. Ada lebih baiknya anda menunggu waktu yang tepat untuk menyerang mereka, ketimbang berlaga layaknya seorang Rambo. 

Dalam game Counter Strike dahulu ada istilah ngendok atau layaknya ayam bertelur, langkah ini akan lebih baik untuk memastikan posisi anda aman atau mencari spot yang menguntungkan bagi tim anda.

Sekilas tips yang Penulis dapat bagikan dalam permainan PUBG Mobile. Semoga dengan tips-tips dasar ini Penulis harapkan anda dapat lebih menikmati bermain PUBG Mobile. Kiranya ada tips lain yang anda ingin bagikan, Penulis persilahkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2