Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger/Content Creator

walau orang digaji gede sekalipun, kalau mentalnya serakah, bakalan korupsi juga.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Menebak Produk Xiaomi yang akan Diluncurkan di Tahun 2018

22 Januari 2018   07:53 Diperbarui: 22 Januari 2018   08:58 887
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tahun 2017, Mi Indonesia sekiranya telah merilis 4 seri smartphone diantaranya Redmi 4, Redmi Note 4x, MiA1 (Android One), dan Redmi 5a. Tentu bagi penggemar gadget ada yang bertanya-tanya produk apalagi yang akan dihadirkan oleh Xiaomi di Indonesia pada tahun 2018.

Mendekati penghujung Januari 2018, satu jawaban dari pertanyaan mulai terkuak manakala Mi Indonesia secara resmi memperkenalkan Redmi Note 5a Prime sebagai pembuka seri terbaru di awal tahun 2018. Produk yang menyasar entry level class ini menghadirkan spesifikasi yang menyerupai Redmi 4a maupun Redmi 5a. Berbekal layar HD 5,5 inch (1.280 x 720 pixel), Processor Snapdragon 435 octa-core, RAM 3GB, ROM 32GB, kapasitas baterai 3.080 mAh.  Produk Redmi Note 5a Prime lebih menyasar konsumen yang gemar ber-swafoto dimana produk ini dibekali  kamera belakang 13MP dan kamera depan 16MP dengan fitur LED Flash sebagai daya tariknya.

Sebagaimana kita bersama ketahui bahwasanya seri Redmi merupakan seri yang Xiaomi khususkan sebagai "budget mobile" atau smartphone dengan kemampuan mencukupi namun harga relatif terjangkau. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bilamana seri-seri pada produk ini tidak banyak mendapatkan keistimewaan atau fitur-fitur melimpah. Pemangkasan fitur-fitur tersebut bukan sekedar untuk memotong besaran biaya produksi dan harga jual agar terjangkau, tetapi agar produk-produk tersebut dapat dibekali dengan spesifikasi yang setara sesuai kebutuhan saat ini (multitasking dan multimedia).

Kiranya produk apa lagi yang Xiaomi akan hadirkan ke pasar smartphone Indonesia? Merujuk apa yang telah terjadi maka kemungkinan besar Xiaomi akan kembali memperkenalkan produk Redmi terbaru mereka, diantaranya Redmi 5 dan Redmi 5 Plus (entah apa alasan Xiaomi meniadakan istilah Note di seri ini). Kedua smartphone ini bisa dikatakan sebagai suksesor dari seri Redmi sebelumnya di tahun 2017 yaitu Redmi 4 dan Redmi Note 4x.

Sebagai budget mobile kedua seri ini tidak banyak hal yang ditawarkan, namun sebagai produk baru (diperkenalkan pada bulan Desember 2017) terdapat peningkatan yang sekiranya menjadi nilai tambah. Baik Redmi 5 dan Redmi 5 Plus berbekal layar bezeless 5,7 inch HD+ (res. 1440 x 720) dan 5,99 inch Full HD+ (res. 2160 x 1080) dengan skala 18:9. 

Redmi 5 berbekal Processor Snapdragon 450 octa-core, RAM 2/3GB, ROM 16/32GB, dan baterai 3300mAh. Sedangkan Redmi 5 Plus menggunakan Processor Snapdragon 625 octa-core (serupa dengan Redmi Note 4x dan MiA1), RAM 3/4GB, ROM 32/64GB, serta baterai 4000mAh. Untuk sektor kamera keduanya sama-sama mengadaptasikan  kamera depan 5MP dengan LED selfie serta kamera belakang 12MP berikut OS Android 7.0 Nougat dan MIUI9 (user interface).

Yang menjadi menarik adalah berapa kisaran harga yang akan ditawarkan oleh pihak Xiaomi apabila Redmi 5 dan Redmi 5 Plus benar-benar dijual di Indonesia? Merujuk pada harga rilis kedua produk di Cina, Redmi 5 dijual dengan harga 799 yuan ($120) untuk RAM 2GB/ROM 16GB dan 899 yuan ($135) untuk RAM 3GB/ROM 32GB. Sedangkan Redmi 5 Plus dijual dengan harga 999 yuan ($150) untuk 3GB/32GB dan 1299 yuan ($180) untuk 4GB/64GB. Kemudian jika disandingkan dengan realita besaran harga dari produk Redmi Note 5a Prime di Indonesia sebesar 2 juta Rupiah (harga di India Rs.10999 atau $172), maka bisa anda perkirakan masing-masing berapa nominal kocek yang musti anda keluarkan nantinya.

Dengan antusiasme konsumen terhadap Xiaomi di Indonesia yang kian hari semakin meningkat, tentu banyak yang berharap Xiaomi dapat mempertahankan image mereka sebagai vendor yang mampu menghasilkan produk budget mobile dengan kualitas baik. Hal ini tentu menjadi tantangan kepada vendor lainnya mengingat dengan semakin smartnya konsumen dalam memilih produk maka mereka harus mempersiapkan strategi yang tepat untuk dapat menarik animo publik terhadap produk mereka kedepannya. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan milik Penulis pribadi. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun