PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DIMASA PANDEMI COVID 19.
Pandemi covid-19 yang semakin ganas memberikan dampak terhadap ekonomi, kesehan, bisnis, pemerintah, bahkan dunia pendidikan. Akibat dari pandemi ini proses belajar yang seharusnya dilakukan disekolah (tata muka), kini berubah menjadi belajar secara daring (dalam jaringan).Â
Minat belajar peserta didik pada masa pandemi ini semakin menurun, itu menjadi salah satu masalah yang  berimbas pada kehidupan sekolah.Â
Akhir-akhir ini masalah tersebut memicu pada munurunnya motivasi belajar peserta didik sehingga sangat mengkhawatirkam dan harus diperbaiki supaya peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi.
Rendahnya minat belajar peserta didik pada saat pandemi covid-19 ini dipengaruhi salah satunya oleh pembelajaran yang dilakukan dengan sistem daring (dalam jaringan) yang membuat peserta didik merasah jenuh dan bosan dengan sistem pembelajaran yang menonton seperti itu.Â
Akibatnya minat belajar peserta didik menurun dalam mengikuti proses pembelajaran, dalam kondisi seperti ini orang tua dituntut untuk berperan penting dalam mendampingi proses pembelajaran yang dilakukan dirumah dengan sistem daring, karena peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menjadi pengganti guru dalam membimbing anak-anaknya selama proses pembelajaran jarak jauh.
Berikut peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar peserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh atau sistem daring, yaitu:
Sebagai guru dirumah, yang dimana orang tua membimbing anaknya dalam belajar daring.
Sebagai fasilitatator
Sebagai sarana dan prasarana bagi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga anak semangat untuk belajar, serta memperoleh prestasi yang baik.
Sebagai motivasi dalam segala hal, motivasi dapat diberikan dengan cara meningkatkan kebutuhan sekolah anak dan dapat memberikan semangat dalam bentuk pujian atau penghargaan untuk prestasi anak.