dadi kristian
dadi kristian

hanya seorang penanam tomat

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Pertanyaan yang Harus Dijawab Calon Presiden

10 Oktober 2018   16:32 Diperbarui: 10 Oktober 2018   16:38 227 0 0

Jauh sebelum masa kampanye calon presiden dan legislatif saya membayangkan kampanye akan diwarnai perdebatan isu-isu strategis yang akan menentukan arah kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun yang terjadi adalah perdebatan tiada henti masalah SARA yang jauh dari kesan produktif. Menurut saya isu-isu strategis berikut lebih penting dikemukakan dalam proses kampanye.

1. Isu perekonomian; 

calon presiden harus menjelaskan bagaimana ekonomi Indonesia akan berjalan apakah Indonesia akan menganut sistem perencanaan terpusat atau pasar bebas. Jika perencanaan terpusat yang dianut, negara akan terlibat secara aktif dalam perekonomian, misalnya pemerintah akan mengatur harga, distribusi barang, dan produksi. Sedangkan jika pasar bebas yang dianut,pemerintah meyakini bahwa pasar akan mengatur ekonomi secara lebih efektif dan efisien,  pemerintah akan sangat sedikit terlibat dalam perekonomian. 

2. pandangan terhadap perpajakan; 

Calon presiden harus menjelaskan pandangannya terhadap perpajakan, apakah pajak adalah alat untuk mendistribusikan kekayaan dari orang kaya terhadap orang miskin atau pajak adalah alat untuk membiayai pengeluaran publik yang tidak mungkin dibiayai oleh swasta. Jika pandangan pertama yang dianut, calon presiden berjanji akan menaikkan tarif pajak bagi orang kaya dan korporasi lalu mendistribusikan kepada orang miskin melalui subsidi, bantuan langsung tunai, atau program sosial lainnya. Jika pandangan kedua yang dianut,  pemerintah akan menurunkan tarif pajak karena meyakini pajak yang rendah akan membuat lebih banyak uang yang dipegang oleh masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih banyak menabung, berinvestasi, atau berbelanja yang akan memacu pertumbuhan ekonomi. 

3. Pernikahan dan keluarga

Calon presiden harus menyatakan dengan jelas apakah dia mendukung atau menolak  LGBT. Apakah dia beranggapan bahwa pernikahan adalah penyatuan dua orang yang saling mencintai atau sebaliknya menganggap pernikahan tradisional sebagai penyatuan sakral antara laki-laki dan perempuan. Apakah calon presiden menganggap perzinahan tidak dapat dihukum atau menganggap keluarga adalah pondasi utama kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga hal-hal yang dapat mengancam lembaga pernikahan harus dihilangkan seperti perzinahan dan LGBT.

4. Hukuman Mati

Apakah calon presiden menolak hukuman mati atau menganggap hukuman mati masih diperlukan.

5. Pengelolaan APBN

Apakah Pengeluaran negara dapat lebih besar daripada penerimaannya (defisit). atau apakah pengeluaran dan penerimaan negara harus seimbang.

6. Lembaga Negara

Negara harus ikut campur dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu lembaga-lembaga negara dan pemerintahan harus diperkuat dan diperbesar jika perlu.atau Negara se-minimal mungkin ikut campur dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu lembaga-lembaga negara dan pemerintahan harus dikurangi.

7. Agama dan negara

Apakah agama harus dihilangkan dalam kehidupan bernegara atau nilai-nilai agama menjadi inspirasi dalam menjalankan pemerintahan dan negara

8. Penghasilan masyarakat

Apakah setiap orang harus mendapatkan penghasilan yang sama atau setiap orang harus memiliki kesempatan yang sama dalam perekonomian  atau penghasilan setiap orang dimungkinkan berbeda tergantung kerja keras dan kecerdasan tiap orang.

9. subsidi

Subsidi diperluas atau subsidi dihilangkan karena menyebabkan distorsi terhadap perekonomian