Mohon tunggu...
Ma Sang Ji
Ma Sang Ji Mohon Tunggu...

dikenal sebagai Siluman Feminin ~ pengarah umum klub A Sia Na » http://asianaclub.wordpress.com ~ redaktur majalah Sanggar Jiwa » http://masangji.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Media

Inilah 11 Pembaca Paling Cerdas

9 September 2011   17:01 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:06 1091 18 30 Mohon Tunggu...

Artikel kemarin, "Inilah 35 Penulis Paling Cerdas", ternyata cukup menghebohkan. Reaksi pembaca di luar dugaan. Saya sebenarnya bermaksud mendinginkan suasana setelah kehebohan "Kafir Pun Masuk Surga (Fatwa Ulama Muhammadiyah)". Tapi saya gagal. Suasananya belum sepenuhnya mendingin. Beberapa pembaca melancarkan protes. Ada yang mempersoalkan mengapa nama tertentu masuk, ada pula yang mempertanyakan mengapa nama tertentu lainnya tidak masuk dalam daftar "35 Penulis Paling Cerdas".

Namun saya memang keras kepala. Udah jelas cara begitu tidak mendinginkan suasana, saya malah mau mencoba lagi metode serupa. Kali ini, saya hendak menyusun daftar "11 Pembaca Paling Cerdas".

Yang saya kerjain kali ini adalah para pembaca artikel "Inilah 35 Penulis Paling Cerdas" yang menuliskan komentarnya di situ sampai ketika artikel ini mulai disusun.

Untuk kriteria penilaian, saya (selaku juri tunggal) memilih nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam tulisan Buya Hamka, Tasauf Modern, Bab XI, Sub-Bab II, "Benci", alinea ke-5:

"Berapa orang mendengar pidato. Pidato yang didengarnya itu akan berkesan ke dalam dirinya menurut ukuran penghargaannya. Orang yang datang hendak mengutip dan mencari kebaikan dari pidato itu, akan pulang membawa hasil yang menyenangkan. Tetapi yang datang mencari-cari kalau ada pidato itu yang salah atau silap, itulah yang dijadikan modal untuk menghinakan dan membenci yang berpidato itu di luaran. Membaca tulisan walaupun bagaimana keras dan panas isinya, tidaklah menyakitkan hati kalau cinta telah ada kepada penulisnya. Tetapi meskipun tidak keras, biasa saja, kalau lebih dahulu telah ada perasaan hasad-dengki, bukan main besar kesannya kepada hati si pembenci dan pendengki itu. Dia merasa saja bahwa dia disindir!"

Dengan kriteria tersebut, tersusunlah daftar "11 Pembaca Paling Cerdas" sebagai berikut:

1. Ali Syarief


"Jujur, saya menemukan teori baru, jadi tidak perlu jadi penulis bagus, yang penting jd orang cerdas…nanti saya bikin artikel ya hahahaha"

2. Katedra Rajawen Jr


"saya manut aja deh" (Hasilnya, lahirlah artikel "7 Penulis Paling Menginspirasi")

3. Aridha Prassetya


"ha..ha…ha…
Ini anak/orang paling pintar bikin 'JUDUL' sensasional,
Bentar mau 'NGACA' dulu….
Sang Ji….!!! Awas kamu ya..!!!
Tunggu pembalasanku…
Salam bahagia dan terus menulis!"

4. Ermana


"SEPAKAT… Mba Aridha,
HARUS ada pembalasan yg SETIMPAL !!!
Postingan ini termasuk kategori 'Sesat & Menyesatkan', mohon para pembaca postingan ini mengabaikan no.8
Vote : PROVOKATIF
wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…….
TABIEK Suhu Aridha & Suhu Ma Sang Ji"

5. Nurdin Hikmah


"Hanya orang yang CERDAS yang bisa melihat kecerdasan seseorang."

6. Ida Ichan Shaoura

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x