Mohon tunggu...
sang ayu
sang ayu Mohon Tunggu... Mahasiswi

Tadris ips angkatan 19

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran Filsafat Pendidikan, Tokoh Filsafat Pendidikan, dan Pemikiran Tokoh Filsafat Pendidikan

30 Maret 2020   07:13 Diperbarui: 10 April 2020   18:04 21 0 0 Mohon Tunggu...

A. Aliran-aliran Filsafat Pendidikan

a. Aliran Progresivisme

Aliran ini merupakan Filsafat Pendidikan yang berkembang pesat pada permulaan abad ke - 20. Aliran ini selalu memandang bahwa pendidikan adalah proses perkembangan. Sehingga seorang pendidik harus selalu siap untuk berbagai metode dalam pengupayaan ilmu pengetahuan terbaru, dan berbagai perubahan - perubahan yang menjadi kecenderungan dalam masyarakat,oleh karena itu aliran ini berpengaruh pada pembaharuan pendidikan. 

b. Aliran Esensialisme

Esensialisme adalah pendidikan yang didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak peradaban umat manusia.Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih yang mempunyai tata yang jelas

c. Aliran Prenialisme

Aliran ini memiliki esensi kepercayaan Filsafat yang berpegang pada nilai-nilai dan norma-norma yang bersifat abadi. 

B. Tokoh-tokoh Aliran Pendidikan

a. Horace Man

Seorang pelopor pendidikan sekolah Amerika untuk umum, Ia dibesarkan ketika pendidikan tidak mudah diperoleh, mereka yang tinggal di pedesaan miskin Amerika. Horace Man masuk di Browne University belajar hukum dan menikmati karir politik dengan sukses, Ia menggunakan pengaruhnya untuk memajukan perubahan dalam sistem pendidikan Amerika.

B.  Fredrick frudel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN