Mohon tunggu...
SANGALIKUR RISKIROMEO
SANGALIKUR RISKIROMEO Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi kuliner dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Misi PKM HI UB 2022 dalam Menuntaskan Perilaku Sanitasi Buruk di Desa Pakis Kembar melalui Intervensi Kurikulum

10 Desember 2022   08:30 Diperbarui: 10 Desember 2022   08:31 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kondisi pandemi menyebabkan seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dihentikan, termasuk yang dilaksanakan di Desa Pakis Kembar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tim Pengabdian HI UB 2022 menemukan masih banyaknya perilaku sanitasi yang buruk terutama di sekitar sungai Tegal Pasangan. Perilaku sanitasi yang buruk tercermin dari kebiasaan masyarakat yang menjadikan sungai sebagai area domestik rumah tangga. 

Masyarakat masih memanfaatkan badan sungai untuk kegiatan mencuci piring, mencuci pakaian, mandi, hingga buang air besar. Menurut anggota BPD Desa Pakis Kembar sekaligus Ketua Tim Relawan Pakis Sehat, Bapak Nursalim, perilaku masyarakat yang memanfaatkan sungai sebagai area domestik sudah menjadi kebiasaan masyarakat sejak era kerajaan. Namun, Pak Nursalim merasa kondisi sungai saat ini sudah tidak sama lagi dengan dahulu. Sungai saat ini sudah tercemar dengan limbah rumah tangga dan limbah industri tahu yang berada di bantaran sungai Tegal Pasangan. 

Tim PKM HI UB 2022 merasa perilaku sanitasi yang buruk tersebut dapat dihindari dengan menanamkan nilai 5 Pilar STBM pada pendidikan usia dini. Sehingga, Tim PKM membawa misi penting menuntaskan perilaku buruk secara generasional. Bermitra dengan Beta Islamic Eco-School, penanaman nilai 5 Pilar STBM dilakukan melalui intervensi kurikulum. 

Beta Islamic Eco-School dan Tim PKM HI UB 2022 mengagendakan... (Dilanjut nanti) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun