Mohon tunggu...
Alamsyah
Alamsyah Mohon Tunggu... Jurnalis - verba volent scripta manent

Lisan Terbang, Tulisan Menetap

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film "Ngarot" dan Mitos Keperawan Gadis Indramayu

14 Oktober 2021   22:55 Diperbarui: 14 Oktober 2021   23:09 288 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu adegan film "Ngarot" (Foto: Tangkapan layar Youtube Chanel Sumur Production)

"Masyarakat Indramayu di Jawa Barat punya tradisi leluhur bernama Ngarot. Tradisi ini memiliki mitos tentang keperawanan anak gadis yang terkuak saat mereka memakai hiasan kepala yang terbuat dari rangkaian bunga Kenanga dan Melati."

Tradisi Ngarot di Desa Lelea, Indramayu, Jawa Barat, sejatinya adalah upacara adat dalam menyambut musim garapan sawah. Pada upacara adat itu, pria dan wanita yang belum menikah dikumpulkan. 

Lewat upacara itu para pria bujang diharapkan bisa berperan dan bekerja sama dalam memajukan pertanian, khususnya dalam hal mengolah padi di sawah.

Sementara bagi para gadis, mereka bisa belajar bagaimana mengantarkan makanan ke sawah setelah para pria bekerja dan bercocok tanam.

Upacara Ngarot ini juga bertujuan agar para pria dan wanita dapat membina pergaulan sehat dengan cara saling mengenal, saling menjaga sikap dan perilaku sesuai dengan tuntunan agama dan adat budaya Sunda. Terkadang tradisi masyarakat agraris ini juga dijadikan ajang cari jodoh.

Sekelumit ulasan mengenai upacara Ngarot ini lalu divisualkan ke dalam sebuah film. 

Film "Ngarot" ini diputar saat Kabupaten Indramayu merayakan hari jadinya yang ke-494 pada 7 Oktober 2021 lalu.

Film yang sepenuhnya digarap putra-putri Indramayu itu juga melibatkan Bupati Nina Agustina sebagai salah satu pemainnya.

Upacara Ngarot yang kemudian dijadikan film, menurut pelaku entrepreneur Indramayu sekaligus pemain, Jay Khresna katanya terselip sebuah mitos. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan