Mohon tunggu...
Sangaji Dwi Saputra
Sangaji Dwi Saputra Mohon Tunggu... Guru - Guru Bimbingan dan Konseling

Hallo, Salam kenal semua, saya adalah Sangaji Dwi Saputra, biasa dipanggil Sangaji. Saya seorang guru Bimbingan dan Konseling. Saya ingin berbagi melalui tulisan dan artikel tentang pengalaman saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Dengan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi)

27 September 2022   11:01 Diperbarui: 27 September 2022   11:04 2721 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Best Practice atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan praktik baik merupakan salah satu bentuk dari publikasi ilmiah yang dilakukan oleh seorang guru. Best Practice biasa dilakukan oleh seorang guru saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolahnya.

Penyusuan Best Practice bertujuan untuk mengetahui pengalaman dalam mengatasi permasalahan peserta didik dalam pembelajaran, serta dengan best practice ini dapat menjadi patokan untuk membuat sebuah rencana tindak lanjut. Best Practice dengan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi) menjadi salah satu metode best pratice yang paling digunakan.

Situasi, didalamnya akan memuat Situasi atau kondisi yang yang menjadi latar belakang masalah, kemudian mengapa praktik ini penting untuk dibagikan serta peran tanggung jawab penulis.

Tantangan, didalamnya memuat apa yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dari praktik tersebut, serta pihak pihak yang terlibat dalam praktik.

Aksi, didalamnya memuat Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat ,Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Refleksi, didalamnya memuat Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan