Mohon tunggu...
Sandy Aryasatya Zamroni
Sandy Aryasatya Zamroni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Capailah mimpimu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Peranan Teknologi di Dalam Dunia Pendidikan

22 November 2022   21:16 Diperbarui: 22 November 2022   21:30 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini, teknologi memainkan peran penting dalam dunia pendidikan kita. Teknologi telah berkembang menjadi alat yang sangat membantu dunia pendidikan serta mencari dan mencari informasi terkini. Temukan alat di sekitar kita mulai dari laptop, komputer, smartphone, tablet, dan lainnya.

Semuanya hadir dalam kehidupan kita sehari-hari untuk mendukung aktivitas pencarian dan pencarian informasi kita sehari-hari. Dari alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana, smartphone sudah menjadi alat yang tidak bisa lagi dipisahkan dari kita, bahkan ada yang mengatakan bahwa smartphone sudah menjadi separuh dari diri kita. 

Ini karena fungsi smartphone yang berfungsi sebagai alat multitasking, alat untuk menjelajahi web, membuka e-book, membuka media sosial, mengobrol, melakukan panggilan telepon, panggilan video, dan hal-hal berguna lainnya.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini tidak dapat dihindari pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. 

Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa dan berkesinambungan menyesuaikan perkembangan teknologi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, khususnya dalam mengkoordinasikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

Berikut merupakan peranan teknologi di dalam dunia pendidikan

1. Sebagai sarana menambah informasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin marak dan berkembangnya teknologi saat ini, perkembangan tersebut juga telah mempermudah banyak hal. Salah satunya adalah memudahkan kita untuk menambah informasi dan juga menerima informasi dengan cepat. Tentunya kemudahan ini adalah hasil dari kemajuan teknologi ini, yang memungkinkan akses ke banyak situs web, situs informasi, dan materi yang berkaitan dengan sekolah atau pembelajaran kita.

2. Memudahkan akses belajar

Adanya teknologi membuat proses belajar mengajar menjadi mudah dan lancar. Sebagai contoh, dalam situasi pandemi seperti saat ini, para siswa melakukan proses pembelajarannya secara daring, dan kemajuan teknologi dapat terus membuat proses pembelajaran terus berjalan dengan baik melalui platform Zoom, Google Meet, dll.

3. Membantu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun