Mohon tunggu...
Sandrina Hanum
Sandrina Hanum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanum

Akun Pribadi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Neurotransmitter

23 Mei 2022   11:14 Diperbarui: 23 Mei 2022   11:19 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di neurotramitter ini ada yang namanya serotonin, dopamin, asetilkolin, neropinefrin, dan hormon manusia yang saya sebutkan itu akan saya bahas satu per satu.

Yang pertama serotonin yaitu hormon yang ber menyalurkan untuk membawa pesan antar sel ke dalam otak, hormon ini ber peran sangat penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, sehingga kita menjaid merasa bahagia jika seseorang yang kekurangan hormon serotonin ini dapat membuat suasana hati nya menjadi buruk.

Hormon serotonin letak nya di otak dan usus dan terkait dengan kesehatan mental, hormon ini juga berfungsi untuk membantu mengatur tidur, nafsu makan, dan mood kita. Saat kita mengalami luka atau kerusakan jaringan tubuh, trombosit akan melepaskan hormon serotonin, kondisi ini merangsang mekanisme yang disebut vasokonstriksi atau menyempitnya pembuluh darah dan melambatnya aliran darah sehingga darah dapat membeku.

Jika kita kelebihan hormon serotonin di dalam tubuh bisa meningkat akibat se  jumlah faktor, peningkatan kadar serotonin ini lah yang disebut sindrom serotonin kondisi ini bisa menimbulkan gejala kaku otot, demam, dan kejang kejang yang perlu ditangani dengan segera. Dan jika kita kekurangan hormon serotonin di dalam tubuh pun akan menurun, sehingga kita bisa mengalami gangguan suasana hati, seperti cemas, marah, atau pun bisa depresi.

Yang kedua yaitu dopamin, apa itu dopamin? dopamin yaitu salah satu senyawa kimia organik berasal dari keluarga katekolamin dan fenetilamina, dopamin juga ber fungsi sebagai hormon dan neurotransmitter dan mempunyai peran penting di dalam tubuh dan otak. Dopamin secara natural di produksi oleh sistem saraf pusat, namun ada beberapa cara untuk meningkatkan kadar dopamin dalam darah agar kita biasa mendapatkan manfaat dari hormon ini. Fungsi dopamin sendiri sangat banyak ia ber peran besar dalam memengaruhi emosi, gerakan, sensasi, kesenangan, konsentrasi dan merasakan rasa sakit.

Seseorang yang mengalami kelebihan dopamin dapat dihubungkan dengan bebebrapa komplikasi serisu, beberapa gangguan yang dapat terjadi dan umumnya ber hubungan dengan mental, seperti skizofrenia dan kelainan bipolar, kedua gangguan tersebut dapat menyebabkan kelainan mental yang ber bahaya jika tidak segera di tangani. Dan saat seseorang mengalami kekurangan hormon ini, saraf otak tidak dapat bekerja dengan efektif dalam mengirimkan sinyal, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas otak dalam mengatur berbagai fungsi kognitif dan motorik dalam tubuh.

Dopamin secara natural di produksi oleh sistem saraf pusat. Namun ada beberapacara untuk meningkatkan kadar dopamin dalam darah agar kita bisa mendapatkan manfaat dari hormon ini.

Yang ke tiga Asetilkolin merupakan salah satu jenis neurotransmitter yang paling umum dikenal dengan senyawa neurotranmitter ini dapat di temukan di dalam sistem saraf organisme vertebrata. Asetilkolin ini obat yang digunakan dalam beberapa prosedur operasi mata, seperti operasi katarak. Tubuh juga memproduksi asetilkolin secara alami, zat ini merupakan neurotransmitter senyawa kimia pembawa signal yang membantu merangsang otot untuk ber kontraksi.

Asetilkolin termasuk dalam golongan parasimpatomimetik sehingga menghasilkan beberapa efek seperti vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan pengecilan pupil mata atau miosis, penurunan kerja jantung. Jika kita kekurangan hormon ini dapat memicu gangguan medis, salah satu nya myasthenia gravis atau kelemahan otot, kerusakan pada sistem kolinergik atau penghasil asetilkolin di otak juga terbukti ada hubungan nya dengan defisit memori yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Yang ke empat Neropinefrin atau biasa disebut noradrenalin adalah kimia organik dalam kelompok katekolamin yang di dalam otak dan tubuh ber fungsi sebagai hormon dan neurotransmitter, cara bekerja hormon ini mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan kadar glukoa darah. Norepinephrine menstimulasi reseptor adregenik alpha 1 dan alpha 2 untuk menyebabkan kontraksi pembuluh darah sehingga meningkatkan resistansi periperal vaskuler dan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Noradrenalin digunakan secara klinis untuk mengobati syok septik, yaitu infeksi parah yang dapat menyebabkan gagal fungsi organ ini karena noradrenalin dapat membuat pembuluh darah menyempit, lalu memicu peningkatan tekanan darah. Norepinephrine termasuk dalam golongan obat keras, maka dari itu penggunaan obat ini harus dengan anjuran resep dokter, dosis awal, diberikan dosis 2-3ml per menit melalui infus intravena.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan