Mohon tunggu...
Samuel Ivan
Samuel Ivan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ilmu Komunikasi UAJY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

9 Karakteristik Media Baru

13 September 2021   04:21 Diperbarui: 13 September 2021   07:31 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Media baru merupakan istilah yang kita kenal sebagai media komunikasi yang saat ini dapat berupa media digital. Tentunya kehadiran komputer dan juga internet adalah salah satu bentuk revolusi media komunikasi yang saat ini paling banyak digunakan. 

Dengan teknologi komunikasi yang berkembang seperti dengan adanya smartphone dan terhubungan dengan jaringan internet, maka masyarakat atau penggunanya akan dengan mudah mengakses informasi secara cepat dan berkomunikasi tanpa terbatas ruang dan waktu.

Maka dengan kehadiran media baru ini tentunya memiliki karakteristiknya sendiri yaitu :

1. Gratis

Sebagian besar media umunya bersifat gratis, dimana orang bisa mengakses berita gratis serta menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi secara gratis. Pengguna hanya perlu membayar biaya untuk menggunakan akses internet atau berlangganan internet.

2. Interaktif

Informasi-informasi yang tersedia di media baru memungkinan para penggunanya untuk berinteraksi langsung yang dapat berupa tanggapan melalui kolom komentar pada artikel tersebut. Hal tersebut berbanding terbalik dengan media lama yang tidak memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi ataupun berinteraksi dengan penulisnya. Sedangkan media baru memungkinkan penggunanya ikut terlibat berpartisipasi bukan hanya menjadi penonton saja. 

3. Hypertextual

Hypertextual merupakan potongan teks yang akan membuat penggunanya berpindah ke konten lain hanya  dengan cepat dengan mengklik atau menekan pada hypertext tersebut. Hypertext pada media baru menjadi hal yang sering dijumpai pada halaman media baru. Dengan hadirnya hypertext memudahkan pengguna untuk berpindah konten, melakukan pencarian konten, dan lain-lain. 

4. Virtual

Dalam media baru kita akan menjumpai dunia virtual, objek virtual, lingkungan virtual, dan juga identitas virtual. Virtual disini artinya proses komunikasi berupa proses penyampaian dan penerimaan pesan  yang menggunakan ruang maya yang bersifat interaktif. Hal ini yang membedakan juga media baru dengan media lama, dimana media baru tidak memiliki bentuk fisik seperti media lama yang berupa surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun