Mohon tunggu...
Samuel Ivan
Samuel Ivan Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ilmu Komunikasi UAJY

Selanjutnya

Tutup

Media

Kantor Berita Internasional ANTARA

27 September 2020   21:46 Diperbarui: 27 September 2020   21:46 4 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kantor Berita Internasional ANTARA
tangkapan layar (dokpri)

ANTARA merupakan kantor berita asal Indonesia yang sudah berdiri sejak 13 Desember 1937. Kantor berita ANTARA awalnya didirikan oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar, dan Pandoe Kartawigoena.

Namun ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional pada tanggal 24 September 1962 berdasarkan dengan Keputusan Presiden No 307 tahun 1962.

Seiring berjalannya waktu dengan didukung teknologi ANTARA dapat menjangkau seluruh tanah air dan juga dunia. Maka dari itu ANTARA juga menjalin kerjasama dengan kantor-kantor berita yang ada di seluruh dunia, seperti AAP (Australia), Reuters (Inggris), AFP (Perancis), DPA (Jerman), Kyodo (Jepang), Bernama (Malaysia), Xinhua (PR China), CIC (Columbia), NAMPA (Namibia) dan lain-lainnya.

Dalam salah satu beritanya yang berjudul "Pengusaha pasrah PSBB total di Jakarta diperpanjang" saya merasa tertarik dengan berita ini. Berita ini membahas tentang dampak yang sangat dirasakan oleh para pengusaha dengan adanya PSBB total kembali. Dan menurut salah satu pengusaha mengungkapkan bahwa dengan adanya PSBB kembali membuat penurunan omzet hingga 80 persen. Namun bagi para pengusaha mereka tidak memiliki pilihan selain harus menerima dan melaksanakan aturan-aturan PSBB. Yang membuat saya tertarik disini adalah dimana para pengusaha yang terdampak dengan adanya PSBB namun tetap menerima kebijakan yang di atur pemerintah. Dan menurut para pengusaha tersebut juga itu adalah hal yang harus dihadapi demi menekan penularan sehingga semakin cepat pula upaya pemulihan ekonomi. Yang membuat saya tertarik juga dengan berita ini adalah kita dapat melihat dari sudut pandang dampak PSBB dari sudut pandang seorang pengusaha. Dari sudut pandang tersebut para pengusaha yang lebih melihat ke jangka panjang dari PSBB yaitu dapat cepat memulihkan ekonomi negara ini.

Daftar Pustaka

Ade I.J. (2020). Pengusaha pasrah PSBB total di Jakarta diperpanjang. ANTARA News. Diakses dari https://www.antaranews.com/berita/1749465/pengusaha-pasrah-psbb-total-di-jakarta-diperpanjang

ANTARA News. (2014). Sejarah Singkat. Diakses dari https://korporat.antaranews.com/tentang/sejarah-singkat

#komglob05

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x