Mohon tunggu...
Samuel Diardo
Samuel Diardo Mohon Tunggu... Akuntan - Penyayang keluarga

Belajar, belajar, belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kelebihan Bimbel Online untuk Anak Tercinta

15 Juni 2019   16:51 Diperbarui: 15 Juni 2019   16:57 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://ruangguru.com/general/about 

Sudah dua tahun terakhir, saya mendaftarkan anak saya bimbingan belajar secara online di Ruang Guru. Dengan berbagai pilihan yang ada saat ini, saya akhirnya memilih Ruang Guru karena berbagai rekomendasi dan check-recheck saya pada masing-masing penyedia layanan jasa tersebut. Ruang Guru, menurut saya memiliki konten yang terus berkembang. Hal ini bagus ke depannya, karena menurut saya sistem belajar mengajar secara online memiliki banyak peluang dan ragam.

Sejak kehadirannya pada 2014, saya melihat Ruang Guru terus memperbarui layanan-layanan yang ada. Itu termasuk pada aplikasi di masing-masing platform. Saya pernah coba sendiri untuk melihat, memang enak sekali digunakan. Untuk anak saya yang masih SD dan telah memasuki SMA, mencari konten-konten yang dibutuhkan tidak beigtu sulit. Pilihannya pun, begitu banyak.

Salah satu hal yang saya suka dengan mendaftarkan anak saya bimbingan belajar secara online adalah melatih kemandirian. Hal ini memang bisa tercipta melalui gaya belajar apapun. Namun, saya perhatikan anak-anak saya semakin semangat belajar tanpa harus disuruh, sejak mendaftar di Ruang Guru.

Hal tersebut membuat saya agak tenang karena saya sendiri tidak bisa terus-menerus mengawasi anak-anak untuk belajar. Saya pun tidak mau terkesan memaksakan mereka untuk belajar. Jadi, kehadiran Ruang Guru sangatlah membantu.

Meski begitu, saya masih menganjurkan kepada para orang tua untuk perhatikan kegiatan anak. Since, bimbingan belajar online menggunakan gadget, smarphone atau pc, menjadi hal penting untuk memastian anak bisa membagi waktu dengan baik.

Saya sendiri, lebih ke arah pada komunikasi yang tepat agar anak bisa bertanggung jawab sendiri. Ke depannya, hal tersebut juga menjadi penting.

Untung, setelah mendaftar di Ruang Guru, prestasi anak-anak saya juga menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Saat itulah, saya memberi apresiasi dengan berbagai cara agar mereka terus terpacu belajar.

Dalam memanfaatkan layanan Ruang Guru, anak-anak saya punya jadwal sendiri. Saya juga membantu mengatur bagaimana mereka bisa memanfaatkan konten tertentu. Misal, untuk mengerjakan soal, saya juga mengecek sendiri bagaimana hasil dari yang mereka kerjakan. Momen tersebut bisa jadi cara agar kita tahu kebutuhan lain anak.

Ketika dibutuhkan, saya juga pernah menyewa guru les private. Saya pun memanfaatkan Ruang Guru yang memang menyediakan layanan tersebut. Dengan layanan ini saya bisa mengetahui detail informasi guru yang akan di-hire, apakah sesuai kebutuhan anak saya. Ini membantu sekali ketika anak saya sempat sakit dan tertinggal pelajaran dalam waktu cukup lama.

Bila membahas harga, jelas sekali Ruang Guru menyediakan harga yang jauh lebih murah bila dibanding bimbingan belajar secara offline. Jangan lupa pula untuk memanfaatkan promo-promo, setahu saya ada banyak promo yang ditawarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun