Mohon tunggu...
Samsul Bakri
Samsul Bakri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Masih belajar menulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa Ekonomi Undip

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Sisi Positif dan Negatif Rokok Elektrik

8 Juni 2023   19:59 Diperbarui: 8 Juni 2023   20:02 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input suhttps://pixabay.com/id/photos/hellfire-attysmith-vape-vaping-6062301/mber gambar

Ada banyak pendapat beragam seputar vaping dan rokok elektrik. Anda mungkin pernah membaca tentang manfaat kesehatan e-cigs online, melihatnya di TV, atau bahkan mendengarnya dari keluarga dan teman. Dan, keesokan harinya, Anda mungkin menemukan laporan tentang bahaya e-cigs. Jika Anda berpikir untuk berhenti dari rokok konvensional dan beralih ke e-cigs, pesan yang campur aduk dapat membuat keputusan menjadi membingungkan dan sulit. Dalam artikel ini, mari selami pro dan kontra sebenarnya dari rokok elektrik untuk mendapatkan kerangka acuan yang jelas untuk memutuskan apakah itu baik untuk Anda atau tidak.

Sisi Positif

 Mari kita mulai dengan manfaat e-cigs. Mereka tampaknya menjadi alternatif yang lebih aman untuk perokok jangka panjang. E-cigs paling cocok untuk individu yang telah mencoba berhenti merokok untuk sementara waktu. 

Anda Dapat Mengontrol Asupan Nikotin

Dikatakan bahwa e-cigs memungkinkan Anda mengontrol dosis nikotin Anda. E-liquid tersedia dalam berbagai kekuatan, mulai dari nikotin dengan intensitas tinggi hingga biasa-biasa saja hingga bebas nikotin. Anda dapat memilih berapa banyak kekuatan yang Anda inginkan atau berapa banyak zat intens yang Anda butuhkan untuk e-cigs. Sebagian besar, e-cigs dimulai dengan tingkat nikotin yang tinggi / intens dan kemudian perlahan-lahan turun ke tingkat nikotin yang rendah, dan akhirnya cenderung hilang atau tidak kandungan nikotin sedikit pun. 

E-Cig Mudah Tersedia Di Pasaran

Rokok elektrik kini makin mudah diakses dan tersedia secara luas di pasar saat ini. Saat ini, kita dapat dengan mudah menemukan cairan rokok elektrik di hampir semua tempat. Anda bahkan dapat membeli secara online, dan penyedia akan langsung mengirimkan barangnya ke depan pintumu.

Manfaat Kesehatan dari Rokok Elektrik

E-liquid dari rokok elektrik mengandung komponen seperti gliserin nabati, propilen glikol, nikotin, dan bahan penyedap makanan. Gagasan utama di balik merokok elektrik adalah bahwa hal itu dapat menawarkan manfaat kesehatan potensial dengan mengonsumsi nikotin dalam kadar rendah jika dibandingkan dengan rokok tembakau. Bahan-bahan yang ada dalam e-liquid bebas dari karsinogen. Rokok elektrik  menyerupai rokok biasa, tetapiefek dan usaha menikmatinya tidak seperti rokok tembakau

Kontra

Sama seperti setiap rokok tembakau, rokok elektrik juga memiliki beberapa risiko 

E-Cig Dapat Menyebabkan Kanker

Anda mungkin berpikir bahwa setiap batang rokok mengandung kadar nikotin tertentu. Dengan rokok elektrik, jika asupan nikotin Anda tinggi, maka Anda berpotensi membahayakan diri sendiri dari zat beracun yang ada di dalamnya. Menurut bukti yang ditemukan oleh sebuah penelitian, "bukti konklusif bahwa sepenuhnya menggantikan rokok elektrik dengan rokok tembakau yang mudah terbakar mengurangi paparan pengguna terhadap banyak racun dan karsinogen yang ada dalam rokok tembakau yang mudah terbakar." Namun, jika Anda tidak memiliki kendali atas intensitas nikotin, kemungkinan besar Anda dapat mengembangkan kanker di tubuh Anda.

Dapat Mempengaruhi Paru-Paru Anda


Seperti setiap rokok biasa, e-cig juga berpotensi merusak paru-paru manusia. Bahan-bahannya mengandung pelarut, perasa, dan racun, yang berpotensi berbahaya bagi perokok berat. Mereka memaparkan paru-paru ke berbagai masalah. Salah satu masalah terkait dengan diacetyl, yang bertanggung jawab atas "paru-paru popcorn" - penyakit paru-paru yang parah dan tidak dapat disembuhkan.

Kesimpulan


Merokok, vaping atau tidak merokok adalah pilihan Anda. Merokok rokok biasa atau merokok uap atau e-rokok adalah pilihan pribadi. Memiliki kontrol dan moderasi adalah kunci untuk mengatur asupan Anda dan menghindari jumlah nikotin yang berlebihan, yang berpotensi berbahaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun