Mohon tunggu...
Samsudin Simatupang
Samsudin Simatupang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis kelahiran Palembang pada 13 nopember 1961. Saat ini menjadi anggota PPPSU ( Perkumpulan Penulis Pendidik Sumatera Utara ). Kegiatan sehari hari menulis artikel di Gurusiana Media Guru dan Kompasiana Indonesia, Pemerhati Kegiatan Sosial Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sikap Saling Menghargai di Antara Sesama

3 Desember 2022   09:46 Diperbarui: 3 Desember 2022   09:59 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                                              

Allah memberikan kelebihan masing masing pada setiap manusia. Ini tentunya bertujuan untuk saling menghargai dan bertukar pikiran satu sama lain dengan kelebihan masing masing. Karena tidak ada manusia yang sempurna mempunyai semua kelebihan. Itulah sikap sosial yang harus dikembangkan pada setiap pribadi manusia yang berakal. Jangan merasa paling hebat diantara sesama sehingga mengedepankan sikap egois saja. Kita harus dapat saling mengisi dengan segala kelebihan dan kekurangan masing masing sehingga diperoleh kebersamaan yang indah.

Segala persoalan yang ada dalam sebuah komunitas dapat diselesaikan dengan kepala dingin bila adanya keterbukaan satu sama lain demi kesatuan pendapat. Jangan pernah ada dusta diantara kita selaku makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi satu sama lain. Kebersamaan yang terbentuk akan terasa indah bila didasari oleh rasa memiliki dalam sebuah komuitas masyarakat sosial. Saling menghargai dan mengutamakan rasa persatuan itulah sebagai dasar untuk mencari jalan terbaik dalam berkomunikasi satu sama lain.

Mari kita tanamkan dalam diri kita rasa kebersamaan dalam sebuah masyarakat sosial agar persatuan dan kesatuan terjalin dengan baik. Mari kita dengan pendapat orang lain karena belum tentu pendapat kita itu lebih baik dari orang tersebut.Mari kita tumbuhkan sikap tolong menolong dalam lingkungan masyarakat sosial agar terjalin kebersamaan yang indah dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun