Mohon tunggu...
Samsudin Simatupang
Samsudin Simatupang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis kelahiran Palembang pada 13 nopember 1961. Saat ini menjadi anggota PPPSU ( Perkumpulan Penulis Pendidik Sumatera Utara ). Kegiatan sehari hari menulis artikel di Gurusiana Media Guru dan Kompasiana Indonesia, Pemerhati Kegiatan Sosial Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Meneladani Pemimpin yang Bijaksana dalam Masyarakat

2 September 2022   10:40 Diperbarui: 2 September 2022   10:52 235 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dalam lingkungan masyarakat seorang pemimpin merupakan figur yang perlu diteladani. Namun kenyataannya banyak pemimpin yang menyimpang dari tugas dan kewajibannya. Malah mereka memperkaya dan melebarkan kekuasaannya. Sifat diktator dan serakah muncul maka masyarakat tidak menyukainya dan acuh. Bila hal ini terjadi maka kepemimpinannya akan hancur dan muncullah krisis kepercayaan dalam lingkungan masyarakat.

Untuk itu kita perlu meneladani para pemimpin yang bijaksana dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Ada beberapa karakter pemimpin yang bijaksana yaitu:

1. Seorang  pemimpin harus amanah dalam menjalakan tugas dan kewajibannya karena sudah diberikan kepercayaan oleh masyarakat          dan akan mempertanggung jawabkan kelak.

2. Seorang pemimpin harus cerdas dalam bertindak sehingga masyarakat mempercayainya. Agar tidak terjadi krisis kepercayaan dari             masyarakat dan berakibat fatal jadinya.

3. Seorang pemimpin harus tegas dalam menetapkan suatu persoalan yang timbul dalam masayarakat. Agar tidak ada fihak yang                     dirugikan dan menyebabkan tidak percaya kepada pemimpinnya.

4. Seorang pemimpin harus dapat berkomunisasi dengan baik kepada masyarakat. Hal ini sangat perlu agar tidak terjadi kesalahfaman         dan akhirnya meninggalkan pemimpinnya.

5. Seorang pemimpin harus mendengarkan aspirasi masyarakat agar terjadi komunikasi dua arah. Hal ini akan membuat masyarakat             lebih mempercayai pemimpinnya karena menerima saran dari mereka dengan baik. Namun pemimpin yang baik harus dapat                        menyaring dengan baik saran yang diterimanya dengan bijaksana.

Semoga kita dapat menjadi pemimpin bijaksana, minimal menjadi pemimpin dalam lingkungan keluarga dan lingkungan kerja. Memang sangat sulit menjadi pemimpin yang bijaksana tapi itu merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan baik.          

     

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan