Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Freelancer - Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Guru Spiritual Soeharto dan Peristiwa Mistis Jokowi

26 Juli 2020   15:45 Diperbarui: 26 Juli 2020   16:00 35111 43 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru Spiritual Soeharto dan Peristiwa Mistis Jokowi
Merdeka.com

SEBAGAI seorang presiden yang pernah berkuasa selama hampir 32 tahun lamanya, Soeharto dipercaya sarat dengan aura-aura mistis yang mengelilinginya. Aura mistis tersebut juga dipercaya sebagai salah satu kekuatan Presiden Soeharto hingga mampu berkuasa lebih dari tiga dekade lamanya.

Tak mengherankan jika pria kelahiran Kemusuk, 8 Juni 1921 tersebut sangat erat dengan hal-hal yang berbau mistis, sebab beliau dipercaya sebagai salah seorang sangat menjaga budaya leluhur Jawa dan penganut ilmu kebatinan Jawa atau kejawen yang taat.

Bahkan, bagi sejumlah kalangan, Presiden Soeharto disebut-sebut sebagai seorang muslim abangan dan pecinta budaya Jawa, khususnya penghayat dunia spiritual.

Bicara dunia spiritual, konon kabarnya Presiden ke-2 Republik Indonesia ini juga memiliki guru atau dukun spritual sendiri. Diantara guru-guru spiritualnya yang paling terkenal adalah Soedjono Humardani.

Nama Soejono Hoemardani bukan merupakan nama rahasia, karena memang sudah banyak dikenal oleh kalangan umum. Bahkan, pria yang disebut-sebut jendral nyentrik karena potongan rambutnya yang selalu gondrong ini adalah mertua dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Kedekatan Presiden Soeharto dengan Soedjono Hoemaradani sudah dijalin sejak keduanya masih di dunia militer, atau jauh sebelum ayah dari Tomy Soeharto ini jadi presiden. Dalam beberapa berita yang saya baca, keduanya sudah sangat dekat dengan dunia mistis. Malah, keduanya kerap mengunjungi tempat-tempat keramat berdua. Hingga pada akhirnya, mereka memiliki benda-benda pusaka yang tak terhitung banyaknya.

Tak mengherankan, saat Soeharto didaulat menjadi orang nomor satu di tanah air, Soedjono Hoemardani diangkat sebagai orang kepercayaan sekaligus guru spiritualnya. Dalam praktiknya, Soedjono tak sekedar mengurusi hal-hal pribadi Soeharto dan apapun yang sipatnya mistis atau gaib. Akan tetapi, pria kelahiran Desa Carikan, Solo, Jawa Tengah ini juga dipercaya mengelola urusan bisnis dan negara.

Karena kepercayaan Presiden Soeharto begitu tinggi, sampai-sampai jika ada orang asing atau kalangan-kalangan tertentu yang ingin bertemu atau mengunjungi Soeharto mesti menghadap Soedjono Hoemardani terlebih dahulu.

Itulah sedikit cerita tentang pengaruh kuat Soedjono Hoemardani, yang turut serta mengiringi dan turut serta menjadikan Soeharto meraih kejayaannya dalam memimpin Bangsa dan Negara Indonesia.

Guru Spiritual Jokowi

Bukan hal aneh jika para pejabat tinggi apalagi setingkat presiden dekat dengan guru-guru spiritual. Hal tersebut mungkin saja dibutuhkan mereka sebagai bentuk penjagaan diri dari serangan orang-orang yang tidak memihaknya atau penasehat pribadi agar jangan sampai salah dalam setiap langkah yang akan diambilnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN