Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Bhinneka Tunggal Ika

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Hari Gizi 2022: Cegah Stunting dan Obesitas

26 Januari 2022   12:17 Diperbarui: 26 Januari 2022   12:18 148 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cegah Stunting dan Obesitas/pixabay.com

Setiap tahun peringatan Hari Gizi Nasional 25 Januari dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Setiap tahun pula tema yang diusungnya berbeda-beda tentunya sesuai situasi dan kondisinya.

Hari Gizi 2022 mengusung tema cegah stunting dan obesitas yang penting untuk diperhatikan sejak dini demi sendiri dikehidupannya.

Namanya jua peringatan, tentu tujuan Hari Gizi 2022 diadakan untuk saling mengingatkan dengan penuh kesadaran tinggi dan peduli.

Sebagai makhluk sosial agar dapat meningkatkan kebersamaan guna mendorong masyarakat tumbuh sehat dan kuat bersama tubuh yang sesuai dengan gizi seimbang.

Sedangkan momentum penting ini sudah digalakan dan sudah berjalan sejak 25 Januari 1950 yang silam.

Saat itu setelah Lembaga Makanan Rakyat (LMR) atau sekolah Institut Voor Volksvoeding (IVV) didirikan maka Menteri kesehatan Almarhum J Leimena mengesahkan Poorwo Soedarmo sebagai kepala LMR.

Sedangkan LMR sendiri saat itu merupakan pusat penelitian kesehatan yang kini dikenal dengan sebutan Eijkman dibawah kendali dari Profesor Poorwo yang dijuluki sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Sebagai LMR, tugasnya tiada lain adalah meneliti tentang pola makanan serta meneliti penyakit yang berkaitan dengan makanan.

Saat itu sisi pendidikan kesehatan gizi dimasyarakat sangat minim jikapun ada maka sederhana sekali karena saat itu banyak masyarakat kecil miskin tidak bisa membaca.

Oleh karena itu profesor Poorwo menggerakan pendidikan untuk para kader gizi bagi kesehatan yang secara langsung mempunyai hubungan erat dengan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan