Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Bhinneka Tunggal Ika

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Asal Usul Bahasa Anak Jaksel yang Gaul

13 Januari 2022   10:04 Diperbarui: 13 Januari 2022   21:14 2093 20 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bahasa gaul anak Jaksel/ Photo by Ceng Ismail on Pexels.com

Bahasa gaul adalah bahasa yang digunakan oleh anak millenial pada masa kini baik dalam percakapan kesehariannya atau pun jika chat.

Sebagaimana nama istilah untuk anak Anak Jaksel (Jakarta Selatan) yang booming beud karena setiap ngomongnya itu tidak pernah lepas dari campuran Indonesia Inggris yang sudah dipakai sejak taun 2018.

Komunikasi yang digunakan pun terkesan unik bahkan sangkin kebanyakan campuran sampai lupa dalam penerapan penggunan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya lama tinggal di Jakut-Tanjung Priuk dari awal tahun 2000 sehingga sedikit ngerti bahasa Jaksel.

Misalnya gini: " gue bener-bener literally dah offended secara joki anak Jaksel ngomongnya mixed beud"

Contoh lain: "..gue tuh probably dah yang kek confused gimana gitu, kek skeptical gitu gak sih, ya which gue masih enter sandman yang behind dont look back in anger gitu2 lah pokoknya anak Jaksel.."

Nah, seperti gitu-gitu dah bahasa anak jaksel dalam ngobrol, Slamat menterjemahkan sendiri ya..? Haha..

Bahasa Anak Jaksel ini viral alias booming bin tenar pada tahun 2018 yang lalu. Bahasa yang digunakan oleh anak Jakarta Selatan ini juga sering disebut sebagai bahasa slang.

Jika mau membahas, sebenarnya setiap daerah memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda, itulah yang disebut gaul. Uniknya Indonesia ya seperti itu. Oleh karenanya menjadi kesepakatan para pendiri bangsa hingga menghasilkan bhinneka tunggal ika, meski berbeda dari suku dan bahasa namun tetap Indonesia.

Bagi sebagian orang mungkin sedikit aneh kedengarannya karena diselipi bahasa asing sehingga campuk aduk kadang ngerti kadang juga sama sekali ora mudeng.

Saya menamakannya bahasa goda-gado ngetop karena adanya bahasa dari anak Jaksel ini menjadi terkenal hingga dijuluki dengan bahasa gaul anak jaksel dan diperbincangkan para orang lain diluar yang ngetop.

Asal usul bahasa anak Jaksel ini muncul ketika sedang trending beberapa tahun yang lalu hingga kini pun anak jaksel masih menggunakannya. Sehingga baik warga atau masyarakat sekitar memberikan nama bahasa anak Jaksel karena jika ada yang menggunakan bahasa gaul tersebut itu bahasanya dari sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan