Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Inilah 5 Fakta Menarik Hari Disabilitas Nasional

5 Desember 2021   06:58 Diperbarui: 5 Desember 2021   07:03 160 17 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hari disabilitas lnternasional/pixabay.com

Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Disabled Persons selalu diperingati pada setiap tanggal 3 Desember dan sudah dari tahun 1992 yang lalu.

Penyandang Disabilitas Internasional (IDPD) mempunyai tujuan yakni agar dapat memberikan hak kesejahteraan untuk para penyandang disabilitas pada semua masyarakat diseluruh Indonesia dengan secara merata dan utuh.

Pasalnya bagi para penyandang cacat sering sekali menemui kendala dan pokok permasalahan baik dari kesehatan, sosial dan juga ekonomi secara global dikehidupanya.

Peringatan disabilitas yang diadakan rutin setiap tahun ini mempunyai makna agar dapat meningkatksn kesadaran terkait kebutuhan para disabilitas dalam hidupannya baik dari segi sosial, ekonomi maupun budaya kepada non disabilitas.

Mengingat sebelum disahkan oleh PBB sering terjadi diskriminasi pada orang penyandang disabilitas, sejak itulah maka Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di tahun 1992 mengesahkan hari disabilitas dari United Nations General Assembly.

Hari disabilitas 2021 ditahun ini mempunyai tema (Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju dunia pasca Covid-19 yang inklusif, mudah diakses dan berkelanjutan).

Hari disabilitas 2021 ternyata mempunyai fakta yang menarik, apa saja menariknya? Sedikikitnya ada 6 fakta semua mengenai penyandang disabilitaa diantaranya:

1). Sejarah Hari Disabilitas

Penyandang disabilitas/pixabay.com
Penyandang disabilitas/pixabay.com
Pada tanggal 3 Desember selalu diperingati hari disabilitas oleh seluruh dunia. Peringatan ini mencakup semua usaha guna membangun kesadaran tinggi pada masyarakat serta pemahaman secara menyeluruh kepada para penyandang disabilitas.

Sekalipun bertemakan disabilitas namun tidak hanya diperuntukan bagi penyandang disabilitasnya saja, bagi non disabilitas pun diperkenankan menghadirinya.

Non disabilitas dapat berkontribusi ataupun memberikan partisipasi dalam rangka peringatan hari disabilitas internasional yang setiap tahun dirayakannya seluruh negara.

Manusia sebagai makhluk sosial yang peka terhadap sesamanya sudah pasti untuk saling menolong sebagai bentuk toleransi dan peduli kepada para penyandang disabilitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan