Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Makmurkan Masjid sebagai Spirit Ramadan

30 April 2021   13:03 Diperbarui: 30 April 2021   13:12 538 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makmurkan Masjid sebagai Spirit Ramadan
Ilustrasi memakmurkan masjid/sumber: unsplah.com

Masjid tempat untuk shalat bagi umat Islam. Masjid juga dikenal sebagai tempat untuk berdoa, bermunajat dan memohon doa pada Allah Swt.

Selain fungsi tersebut, Masjid juga dapat dijadikan sebagai pusat studi dari berbagai kegiatan keislaman seperti pertemuan seluruh para Habaib, para Ulama, para Kyai, para Dai, mengajar, mengaji, dan lainnya sebagainya.

"Innama ya'muru masaajidallaahu man aamana billaahi wal yaumil aakhiri" (hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir" (Qs At-taubah ayat 18).

Oleh karena itu mengingat begitu pentingnya Masjid sebagai rumah Allah Swt juga tempat suci bagi umat Islam maka orang yang membangun Masjid secara ikhlas berarti ia telah membangun istana buat kehidupannya kelak diakherat.

Nabi Muhammad Saw bersabda: "barang siapa yang cinta masjid maka Allah akan cinta padanya"

Sungguh sangat beruntung bagi orang yang di cintai Allah Swt. Dalam hadist lain Nabi Saw juga menyebutkan bahwa diantara tujuh golongan yang mendapatkan naungan rahmat dan perlindungannya pada hari kiamat.

Ketika tidak ada naungan lain selain naungan Allah Swt mereka adalah orang yang hatinya memiliki keterkaitan hidupnya yang erat terhadap Masjid.

Ketika umat Manusia berada dalam kesulitan serta ketakutan yang amat sangat luar biasa dipelataran makhsyar dan dalam waktu yang sangat panjang. Maka seluruhnya meminta pertolongan.

Kemudian Nabi Muhammad Saw sebagai manusia insanul kamil Beliau memerankan Syafaatnya untuk menolong umatnya dengan penuh kasih sayang sehingga umat yang mencintai Masjid detik itu pula dapat terselamatkan atas ijin Allah Swt.

Ilustrasi masjid tempat untuk sholat/sumber: pixabay.com
Ilustrasi masjid tempat untuk sholat/sumber: pixabay.com
Oleh karena itu sudah seharusnya sebagai hamba Allah Swt yang beriman untuk saling ingat mengingatkan karena Allah. Sungguh banyak manusia di muka bumi ini yang tidak mengerti akan keutamaan mencintai Masjid. 

Banyak disekitar kita yang tidak malu terhadap tempat ibadah Masjid dilingkungannya mereka rumahnya berdekatan dengan Masjid namun ketika masuk waktu sholat tidak berjamaah dimasjid. Mereka  justru tidak mengenal masjid apa lagi sholat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x