Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Ingin Punya Anak Berbakti Sama Ortu? Lakukanlah Ini

17 Maret 2021   21:11 Diperbarui: 17 Maret 2021   21:14 174 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Punya Anak Berbakti Sama Ortu? Lakukanlah Ini
Ilustrasi anak oleh kompasiana.com

Sebelum hamil siapa pun tentunya ingin punya anak yang sholeh, sholehah, berbakti, taat dan patuh terhadap orang tua bukan? Saya yakin semua ortu sama yakni tidak ingin punya anak berani dan melanggar terhadap perintah orang tua.

Anak adalah harta yang tidak ternilai harganya. Peribahasa mwngatakan daun jatuh tidak jauh dari pohonnya, memang benar bahwa taibat atau karakter atau watak akan mengikuti dari pada peran orang tua. Orang tua merupakan guru utama bagi sang sibuah hati.

Kiranya sudah banyak kisah demi kisah sebagai pelajaran, inspiratif dan tentunya bertujuan untuk mengedukasi bagi yang lain, baik diceritakan dalam bentuk sejarah maupun fiktif belaka tapi pasti.

Ambil contoh cerita anak durhaka seperti Malin Kundang, Sangkuriang dan cerita edukasi yang lainnya. Semua mengajarkan intinya jangan sampai menjadi anak durhaka yang seperti cerita tersebut. Naudzubillah, jangan sampai.

Terlepas dari apapun cerita, baik fiksi maupun non fiksi semua dapat kembali lagi pada si empunya. Hemat Saya, itu real adanya. Semua bisa dan semua juga pasti, bukan hanya soal kebetulan belaka namun lebih kepada kebenaran hakiki.

Lihatlah, jika sang anak si A si B misalnya, tertangkap basah telah melakukan tindakan bodoh alias fatal, walaupun sepele persoalannya berakibat kepada orang tua. Tanpa dengan disadari pun jadi bahan pergunjingan orang lain.

Apa lagi tipikal masyarakat Indonesia, tukang gosip dan tukang ngerumpi. Enak-emak misalnya, apa bila ada anak tetangga baik cewe maupun cowok ambil contoh hamil diluar nikah atau yang lainnya, maka pertanyaan selanjutnya adalah Anak Siapa? Tentu orang tua yang pertama kali disebut oleh tukang gosip.

Sebelum hamil hendaknya banyak ikhtiar sebagai jalan usaha agar kiranya kelak diberi keturunan yang sesuai keingin orang tua. Emang bisa? Jelas hal ini sangat bisa sekali. Tidak ada yang mustahil hidup dialam Dunia ini bagi sang pecipta Allah Swt. 

Tidak usah muluk-muluk dalam berdoa, cukup sehabis sholat lima waktu membaca doa agar diberi anak sholeh sholehah dijadikan qurota a'yun atau penyenjuk mata. Jika tidak bisa berdoa dengan bahasa Arab, maka boleh berdoa sesuai dengan bahasa masing-masing. Intinya meminta anak yang sholeh dan sholehah selain berbakti kepada kedua oran tua tentunya.

Sebelum hamil banyak-banyaklah  melakukan ibadah kepada Allah Swt. Bahkan jika dikampung para Ustadz atau Kyai banyak yang menepuh ikhtia dengan berpuasa sunnah. Hal ini dalam rangka agar kelak doa tersebut cepat di ijabah oleh Allah Swt. Aamiin..

Amalan atau lelaku tersebut sepertinya sudah menjadi tradisi bagi kalangan Kyai dan sudah banyak di ijazahkan kepada para Santri-Santrinya agar doa tersebut menjadi makanan setiap hari ketika selesai melakukan Sholat wajib 5 waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x