Mohon tunggu...
Salsa Rizqika Maharani
Salsa Rizqika Maharani Mohon Tunggu... mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dengan NIM : 20107030114

cinnamon rolls for sure👌

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengatasi Masalah Wajah Kusam

22 Juni 2021   15:35 Diperbarui: 22 Juni 2021   15:40 43 13 0 Mohon Tunggu...

Mengatasi wajah kusam bisa dilakukan dengan banyak cara. Akan tetapi, untuk mengatasi wajah kusam kenali dahulu apa penyebabnya.

Terkadang kulit yang terpapar zat lingkungan seperti sinar matahari, polusi, debu dan asap rokok membuat timbulnya perubahan kulit yang bersifat merusak, salah satunya wajah menjadi terlihat kusam. Jika kamu memperhatikan pada saat kondisi wajahmu yang kusam, biasanya akan menampilkan kulit yang tampak lebih gelap, membuat kulitmu terlihat tidak sheat. Walaupun bukan masalah yang sulit diatasi seperti jerawat, namun jika tidak segera dirawat dapat memicu kerusakan kulit lainnya.

Untuk itu perlu dilakukan perhatian lebih pada kulit baik dari luar menggunakan skincare maupun dari dalam dengan mengontrol stress, konsumsi buah dan sayur hingga istirahat yang cukup.

Perlu kalian ketahui bahwa masalah yang timbul pada kulit wajah memang beragam, tentunya kalian harus menggunakan produk-produk yang bisa mengurangi dan memperbaiki segala masalah yang ada pada kulit wajah masing-masing. Tentunya kalian dapat menggunakan produk apapun sesuai dengan preferensi masing-masing ya.

Artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah pada wajah kusam, untuk info selanjutnya langsung saja kita simak yuk!

Kusam diartikan sebagai suram (tidak berkilap atau bercahaya), kondisi kusam pada wajah mengcau pada kesehatan wajah ketika kulit tidak memiliki pancaran yang sehat, mulai tampak tidak berkilau dan lelah.

Wajah kusam menandakan kulit telah terpapar zat lingkungan yang bersifat merusak atau gaya hidup yang buruk, akibatnya kulit wajah akan terlihat tidak sehat, muram, lesu dan tampak lebih dari biasanya. Permasalahan kulit ini dibutuhkan perawatan yang membantu memperbaiki kerusakan dan mengembalikan kulit yang sehat baik dari luar maupun dari dalam.

Gejala atau ciri-ciri umum wajah yang kusam meliputi kulit kering, terlihat lelah (bagian bawah mata hitam), kulit terasa bertekstur dan kulit tampak lebih gelap dari biasanya. Kulit wajah yang terlalu kering mengacu pada kulit kusam, kulit yang terlalu berminyak juga dapat membuat kulit tampak kusam, terutama jika kebersihannya tidak dijaga.

Kulit wajah dapat kehilangan kilau alaminya karena terpapar oleh suatu zat perusak serta perubahan-perubahan yang terjadi pada kulit akibat perawatan yang kurang tepat, hal ini dapat membuat wajah terasa kasar atau bergelombang (kulit bertekstur), dan juga dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

Ada beberapa faktor penyebab paling umum kulit menjadi kusam diantaranya :

1. Penumpukan Sel-Sel Kulit Mati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN