Mohon tunggu...
Salsa Rizqika Maharani
Salsa Rizqika Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dengan NIM : 20107030114

cinnamon rolls for sure👌

Selanjutnya

Tutup

Diary

Mengungkapkan Isi Hati Nggak Melulu Harus Cowok Tau!

3 April 2021   21:18 Diperbarui: 3 April 2021   21:22 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

untuk kamu para perempuan, pasti kamu sering merasakan susah nya pengen mengungkapkan perasaan kamu ke si dia karena kamu gengsi dan merasa kalau perempuan itu ga pantes untuk mengungkapkan isi hati terlebih dahulu, ya kan? padahal sebenernya untuk soal mengungkapkan isi hati tuh gak selalu harus nembak tau, engga tau! bisa aja kamu cuman pengen ngungkapin semua isi hati kamu, terlepas nanti gimana respon si dia ke kamu, kayak aku contohnya.

sejujurnya, aku adalah seorang perempuan yang memiliki tingkat perasaan gengsi yang sangat tinggi! sangat pandai bikin orang bingung dengan pikiranku, padahal kalau aku ngomong jujur apa adanya, cowok itu kayak nya bakal langsung ngerti. Kadang aku menyadari sikapku ini sangat bikin si cowok tuh susah kebingungan gitu, sampai aku berpikir dan nyampe ditahap bahwa " kayaknya harus aku rubah nih sikap yang kayak gini " dan bener! aku berubah total tentang cara berpikirku bahwa kalo aku punya perasaan, kenapa gak aku ungkapin aja? kenapa aku harus nungguin dia yang ngungkapin duluan, kalau aku bisa duluan, walaupun masih sering ragu gitu sih awalnya, tapi sekarang aku bener bener bodo amatan sama rasa malu dan gengsi, karena tujuan utama aku ya cuman pengen dia tau perasaan aku, tanpa ada paksaan dia harus jadi pasangan aku dan aku juga berusaha ikhlas sama apa tanggepan dia ke aku, yang penting aku udah berani jujur, itu semua aku lakuin biar aku gak selalu kepikiran gitu loh, karena rasanya bener bener gak enak banget, ketika kita ingin menyampaikan sesuatu tentang semua perasaan kita tapi kita gak bisa langsung omongin ke orangnya, karena gengsi lah, takut dapet tanggepan jelek lah, takut dia ilfeel lah, dan semua pikiran buruk yang ada, bahkan aku sempet mikir kalau misalkan nanti aku jujur sama yang aku rasain terus dia ilfeel terus dia cerita cerita sama temen temennya, terus aku jadi bahan omongan gimana ya? pikiran kayak gitu aku pikirin terus setiap malem sebelum aku tidur dan akhirnya aku ngerasa kalau aku nyampein perasaan itu kayaknya hidup aku bakal lebih tenang, ya ngurangin beban pikiran hidup lah.

sampai akhirnya aku beranikan diri untuk ngungkapin semua yang aku rasain sama si dia. Jadi dia itu adalah mantan aku pas aku di SMP, tapi entah kenapa pas aku lulus SMA kita jadi deket lagi, dan ternyata kita bisa daftar di kampus swasta yang sama, ya walaupun aku gak ambil sih kampus nya. Jadi aku selalu punya perasaan yang sama dan gak pernah berubah ke dia. Waktu dulu, pas aku punya hubungan sama dia aku selalu merasa bahwa dia itu orang yang tulus, tulusnya tuh beneran kerasa, dia gak pernah marah sama aku, kalaupun dia marah sama aku, itu semua pure salahku, tapi sih ujung ujungnya dia gak tahan marah lama lama, selama sama dia, seinget aku sih kita jarang ribut, kalau sama dia tuh semuanya ngerasa nyambung aja gitu, aku juga selalu diperlakuin baik, sampai akhirnya kita gak bareng lagi pun masih baik sih sebenernya sampai hari ini, tapi untuk jelas nya kenapa aku bisa putus dari dia aku beneran lupa, dan sampai akhirnya kita bisa berkomunikasi lagi juga awal nya aku lupa, yang aku inget kita sempet jalan bareng beberapa kali dengan perasaan aku ke dia yang masih sama, dan akupun ngerasa perasaan dia ga berubah buat aku, bukannya aku geer tapi sebagai perempuan, kamu pasti bisa ngerasain deh perasaan orang ke kita tuh gimana. Lanjut dari situ kita ternyata makin deket, makin deket, dan tau gak akhirnya apa? dia ngajakin buat balikan! sebenernya aku kaget dan seneng, tapi banyak banget pikiran pikiran di kepala aku yang bikin aku ragu buat balikan sama dia, yang pertama, gatau kenapa aku selalu ngerasa ragu sama dia, padahal aku tau gimana perasaan dia ke aku, dan aku juga selalu yakin dia itu gak akan pernah nyakitin aku, malah kayaknya aku deh yang pernah nyakitin dia. Pikiran pikiran ragu itu akhirnya yang bikin aku nolak ajakan dia buat balik lagi sama dia, padahal dia ngeyakinin aku dan bilang 

" ini gak akan kayak dulu, kita ulang semua dari awal "

Tapi aku tetep aja ragu, apalagi dia tuh ternyata beneran ngambil kuliah di Bandung, sedangkan aku aja masih belum pasti mau kuliah dimana, sejujurnya juga aku gak siap LDR, walaupun cuman Bogor - Bandung. Tapi dari situ aku masih tetep berhubungan baik dia walaupun kita gak jadi bareng bareng. Seingetku dari situ kita sempet lost contact - chat lagi - lost contact lagi. Sampe akhirnya di awal tahun aku bulak balik bandung karena ada urusan terus dia tahu aku sering kebandung, dan dia nawarin buat jemput aku di terminal. Sempet gak mau nge iyain sih tawaran dari dia karena takut canggung dan udah gak kayak dulu rasanya, tapi perasaan aku ke dia emang beneran gak pernah berubah, cara dia natap aku juga ternyata gak berubah. Ditambah lagi pas aku di Bandung aku sama dia nyempetin jalan bareng. Dari situ sebenernya aku pengen banget ngajakin balikan duluan, TAPI karena rasa gengsiku yang sangat tinggi ini menghalangi, jadi nya aku pendem aja.

Sampe akhirnya, sekarang tuh ngerasa jauh banget sama dia, udah gak bisa ke gapai lagi saking jauh nya, aku gatau kenapa, atau dia emang udah ada yang lain atau apa, aku bener bener gatau, tapi perasaan aku emang bener bener gak bisa berubah buat dia, aku jadi sering mikirin dia, apapun yang aku lakuin pasti ujung ujungnya inget dia. Hal hal yang kecil menurut orang tapi berarti besar untuk aku, beneran ada dia. kayak waktu itu, setiap aku jalan sama dia, dia selalu ngasih helm yang lebih bagus untuk aku daripada untuk dia sendiri. sepele gak sih? tapi dia sampe mikirin hal kecil kayak gitu, bahkan cowok cowok yang pernah deket sama aku aja gak pernah kepikiran hal itu. Waktu dia jemput aku di Bandung, kan hujan tuh, dia ngasih aku jas hujan yang bagus buat aku dan dia akhirnya pake jas hujan plastik sepuluh ribuan, padahal kan dia yang bawa motor, dia yang nganterin aku ke rumah, akumah dibelakang nya dia, tapi dia milih ngasih jas hujan yang bagus nya ke aku!!! Sepanjang jalan tuh aku bener bener senyum senyum sendiri karena dia bener bener kepikiran hal yang kayak gitu. Mungkin itu kali ya yang bikin perasaan aku kedia tuh gak pernah berubah, bahkan sampe hari ini. 

Karena perasaan itu gak pernah berubah, malah setiap hari tuh bawaanya mikirin dia mulu, dengan semua keberanian yang aku punya,dan rasa gengsi yang aku buang jauh jauh, akhirnya aku memutuskan untuk mengungkapkan semua perasaan yang selama ini aku pendem. Tujuan aku cuman satu, pengen dia tau aja kalo perasaan aku ke dia ga pernah berubah, aku ungkapin semua nya kedia tanpa ada yang tersisa. Dan setelah aku ungkapin semua perasaan yang ngeganggu aku selama ini, bener bener plong aja gitu rasanya, bener bener lega, ternyata selama ini aku hanya butuh "ngomong", tapi karena banyak sekali hal hal yang aku pikirin padahal belum tentu terjadi, perasaan itu bener bener aku pendem sendirian.

Setelah aku ungkapin semua, bener bener aku block nomer dia, sosmed dia aku block juga karena aku takut tanggepan dia ke aku gimana. Padahal aku udah ikhlas aja soal tanggepan dia nanti. toh aku ngungkapin perasaan ya karena aku mau, bukan untuk memaksakan dia balik sama aku. setelah aku mikir ngapain juga aku block malah nanti keliatan cupu. akhirnya aku buka dan ternyata dia ga nangeepin apa apa sih hahahah. tapi sampe hari ini hubungan aku sama dia ya baik baik aja, layaknya temen seperti biasanya. Nilai plus nya ya untuk perasaan ku dan diri aku sendiri. Aku jadi bisa ngungkapin perasaan perasaan yang ngeganjel, aku jadi merasa lebih lega setelah ngungkapin semuanya.

Buat kamu yang masih takut atau gengsi ngungkapin perasaan, coba deh beraniin diri, percaya sama aku, rasanya tuh bener bener lega, jadi gak ada beban aja gitu, lebih sehat juga sih buat pikiran, ngungkapin perasaan ke cowok itu bukan berarti kamu gak punya malu loh, gak ada salahnya untuk perempuan yang mulai duluan untuk ngungkapin perasaan. Dan buat kamu yang lagi aku omongin, aku harap kamu gak baca cerita ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun