Mohon tunggu...
salsabila veronica
salsabila veronica Mohon Tunggu... Administrasi - ADMINISTRASI

ADMINISTARI HEAG REGIONAL

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TikTok Menarik!! Pelatihan dan Pendampingan TikTok sebagai Media Pemasaran UMKM

16 Juni 2023   22:15 Diperbarui: 16 Juni 2023   22:20 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UNTAG Surabaya Melakukan Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Tik-Tok Sebgai Media Pemasaran Di Desa Kedung Peluk Candi Sidoarjo. 

Sidoarjo,04 Juni 2023, Salsabila Veronica setyaningrum  adalah salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya  dari Falkultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik prodi Administrasi Niaga melakukan kuliah kerja nyata(KKN) di Desa Kedungpeluk,kec, Candi, Sidoarjo. Dengan dosen pembimbing  Dr. Arga Christian Sitohang, S.E.,MM

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya adalah suatu bentuk pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan KKN diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi mahasiswa serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran hidup bermasyarakat. Bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan dapat memberikan motivasi dan inovasi dalam peningkatan taraf hidup dibidang ekonomi khususnya. KKN adalah pendidikan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam bermasyarakat, di mana mereka langsung mengidentifikasi dan menangani masalah pembangunan. Dalam pelaksanaannya, KKN mendorong pemberdayaan sumber daya manusia khususnya di bidang ekonomi, yaitu melibatkan mahasiswa dan masyarakat dalam proses interaksi yang menghasilkan ide-ide yang mampu berdampak pada pemasaran produk khususnya desa kedung peluk candi sidoarjo, sehingga mahasiswa dapat menghubungkan antara konsep akademis dengan realita kehidupan yang terjadi di masyarakat. 

Dalam Kegiatan KKN Ini, Salsa Melakukan Kegiatan Antara Lain :

Untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik terhadap produk-produk UMKM di Desa Kedung Peluk Candi. Melalui pelatihan TikTok, para pelaku usaha diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan konten kreatif yang menarik perhatian pengguna media sosial. Mereka belajar tentang teknik pengambilan gambar yang menarik, pengeditan video yang efektif, penggunaan musik yang tepat, dan tata cara membagikan konten dengan baik. 


Selain itu, pendampingan juga dilakukan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan ide-ide kreatif untuk konten TikTok mereka, Salsa Sebagai  Mahasiswa KKN UNTAG bekerja sama dengan setiap pelaku usaha untuk mengidentifikasi keunikan produk mereka dan merancang strategi pemasaran yang sesuai. Ini mencakup pengenalan merek, membagikan cerita di balik produk, dan menciptakan konten yang menarik serta informatif.

Dok Pribadi 
Dok Pribadi 

Kegiatan Yang Telah dilakukan pelatihan dan pendampingan TikTok ini memberikan dampak sangat signifikan. Para pelaku usaha UMKM di Desa Kedung Peluk Candi semakin percaya diri dalam menggunakan TikTok sebagai media pemasaran. Mereka telah menciptakan konten-konten yang menarik dan mendapatkan respons positif dari pengguna TikTok lainnya. Hal ini telah membantu meningkatkan penjualan produk mereka dan memperluas jangkauan pasar. (03/06/23)

Dalam Pelaksaanan Kegiatan Ini mendapat tanggapan dari masyarat setempat ( UMKM) Dukungan yang antusias, sebagaimana dikatan oleh kepala desa bahwa KKN Mahasiswa UNTAG Surabaya ini sanagat Bermanfaat bagi warganya. 

https://untag-sby.ac.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun