Mohon tunggu...
Salsabilaluna
Salsabilaluna Mohon Tunggu... Pembelajar Seumur Hidup, Penulis Paruh Waktu.

Mata itu Jendela Jiwa.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Berkenalan dengan Om Dida, Guru Prasekolah Inspiratif yang Aktif Mendongeng di Kanal Youtube

20 Oktober 2020   17:00 Diperbarui: 20 Oktober 2020   17:02 69 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkenalan dengan Om Dida, Guru Prasekolah Inspiratif yang Aktif Mendongeng di Kanal Youtube
(Om Dida, guru prasekolah Rumah Main Cikal yang berjiwa exploratif. Doc.Rumah Main Cikal)


Jakarta, 20 Oktober 2020. Menjadi seorang guru prasekolah adalah salah satu profesi mulia dan penuh kebaikan. Tak hanya berkaitan pada anak usia dini, guru prasekolah pun harus menjadi sahabat baik bagi orang tua.

Sebagai salah satu guru prasekolah yang aktif mengajar di Rumah Main Cikal, Ahmad Fadhillah atau yang lebih dikenal dengan Om Dida juga memulai kegiatan lainnya sebagai pendongeng anak yang mulai aktif mengembangkan konten anak inspiratif di kanal youtube Om Dida dengan mengangkat tema "Penjelajah Cilik" bagi anak-anak Indonesia.

Guru Inspiratif, Berjiwa Eksploratif

Sebagai guru prasekolah di Rumah Main Cikal, om Dida ini seringkali membuat gagasan atau program yang out of the box loh. Ia menceritakan bahwa sejak kecil ternyata terbiasa mengekplorasi banyak hal!

"Boleh jadi karena masa kecilku bahagia (suka mengeksplorasi. Jadi, jiwa eksploratifnya tetap mengalir sampe sekarang. Dan rasa bahagia ini yang pengen kutularkan pada banyak orang, khususnya anak-anak usia dini." ujar guru yang disukai anak-anak ini.

Bagi om Dida, membuat ide yang berbeda dan unik itu menjadi alasan utama anak-anak mau masuk ke kelasnya loh! Beberapa ide-ide inspirasi unik buatan om Dida sebagai guru prasekolah Rumah Main Cikal, misalnya, lorong semprot (pipa-pipa yang dihubungkan untuk mengajarkan anak bagaiamana mencuci mobil), atau membuat langit malam dengan jaring-jaring hitam untuk tanaman untuk mengenalkan anak-anak suasana malam, dan mendongeng dengan puppet.

"Point terpenting menjadi seorang guru prasekolah adalah bermain bersama anak-anak. Menjadi guru prasekolah bagi saya peran luar biasa. Mengingat waktu saya, saya dedikasikan untuk anak-anak sepenuhnya, anak-anak di rumah dan anak-anak murid di sekolah." tutur Om Dida yang dikenal selalu ceria.

Menjadi Guru, Menjadi Pendongeng

Sebagai bagian komunitas Cikal yang memiliki semangat menjadi pembelajar sepanjang hayat, Om Dida merasa kesempatan belajar di Cikal selalu terbuka. Ia senantiasa belajar juga dari rekan-rekan sesama guru untuk memperbaiki strategi mengajar dan kegiatan kelas.

Dari kesempatan yang terbuka untuk belajar dan mengeksplorasi itu juga, selain mengajar, Om Dida yang dikenal selalu ceria ini juga mengembangkan sebuah kanal youtube.

(Om Dida aktif membuat konten pendidikan bagi anak usia dini melalui kanal youtubenya Om Dida. Doc. Youtube Om Dida)
(Om Dida aktif membuat konten pendidikan bagi anak usia dini melalui kanal youtubenya Om Dida. Doc. Youtube Om Dida)
Mengangkat gagasan edukasi bagi anak usia dini tentang praktik baik, Ia mengembangkan sebuah konsep video mendongeng sambil bercerita dan berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jakarta selama pandemi. Misalnya Taman Margasatwa ragunan, Taman Mini Indonesia Indah. Tujuannya? untuk menjadi sahabat dan membagikan cerita kepada anak-anak yang kini berada di rumah saja. 

Mengajarkan dongeng dan menjadikan cerita dongeng dalam keseharian belajar bagi om Dida, dapat membangun keterampilan kognitif anak dan mendorong anak memahami hubungan sebab akibat.

"Dongeng dapat dijadikan sebagai kegiatan alternatif juga saat di rumah. Dengan dongeng, orang tua dan anak akan membangun komunikasi, berbincang atau berdiskusi dengan anak. Selain itu, anak akan belajar menambah perbendaharaan kata, menambah pengetahuan akan ekspresi, dan sisi kognitif anak akan berkembang karena anak memahami hubungan sebab-akibat." jelasnya.

Wah, hebat sekali ya Om Dida ini menjadi guru hebat, dan juga pendongeng inspiratif!
Penasaran sama link youtube om Dida, bisa liat di sini ya : Youtube Channel Om Dida - Guru & Pendongeng

Channel Om Dida sangat direkomendasikan buat Ayah dan Ibu yang memiliki anak-anak usia dini loh!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x