Mohon tunggu...
Salsabila
Salsabila Mohon Tunggu...

Life Is A Game

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Waspada! 5 Gejala Flu Ini Bisa Menjadi Indikasi Penyakit Pneumonia

30 April 2018   10:13 Diperbarui: 30 April 2018   10:23 692 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waspada! 5 Gejala Flu Ini Bisa Menjadi Indikasi Penyakit Pneumonia
Pneumonia. sumber: www.airphysio.com

Pneumonia merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi dimana terjadi kondisi inflamasi pada paru. Penyakit paru-paru dan saluran pernapasan ini juga biasa kita kenal dengan istilah radang paru-paru. Akibat dari terjadinya pneumonia adalah kondisi kantung dalam paru yang terisi cairan atau nanah, yang kemudian kan menimbulkan kesulitan bernapas bagi penderitanya.

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), jumlah angka terjadinya pneumonia di negara berkembang mencapai angka kematian bayi 40 per 1000 kelahiran bayi hidup adalah 15% - 20% per tahun pada golongan usia balita. 

Penderita pneumonia biasanya akan mengalami berbagai gejala sebelum akhirnya dapat dipastikan oleh dokter spesialis paru bahwa pasien menderita penyakit ini. Sayangnya, banyak orang yang terkadang tidak menyadari gejala-gejala yang ditimbulkan pneumonia. Hal ini karena terkadang gejala pneumonia sendiri mirip dengan penyakit flu biasa.

Karena itu, untuk mendeteksi dini penyakit pneumonia ini, berikut beberapa tanda-tanda gejala pneumonia yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang :

Batuk

Seseorang yang menderita penyakit pneumonia biasanya akan lebih sering mengalami batuk berdahak. Dahak yang dihasilkan itu sendiri biasanya akan lebih kental dan berwarna. Namun, pada beberapa tipe pneumonia sendiri ada juga penderita yang menghasilkan lebih sedikit dahak, bahkan untuk seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik tidak akan menimbulkan dahak sama sekali.

Demam

Kenaikan suhu tubuh juga dapat dijadikan indikasi penyakit pneumonia. Hal ini tak lain karena penyebab pneumonia itu adalah bakteri dan virus. Selain demam, suhu tubuh yang rendah atau hipotermia juga bisa menjadi tanda paparan bakteri pneumonia. Pantaulah selalu suhu tubuh Anda saat flu.

Menggigil

Tubuh yang gemetar disertai menggigil bisa jadi salah satu tanda pneumonia. Menggigil ini terjadi bukan karena tubuh Anda kedinginan, namun dikarenakan demam dan suhu tubuh yang tinggi. Menggigil yang disertai dengan demam mungkin menandakan pertumbuhan bakteri pneumonia di aliran darah.

Napas Pendek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x