Mohon tunggu...
Salsabila Azzahra Putri
Salsabila Azzahra Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Manajemen Industri Katering

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Manajemen Industri Katering Tahun 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Kelompok 83 KKN UPI Turut Andil dalam Program Imunisasi di Kelurahan Leuwigajah

19 Agustus 2022   11:55 Diperbarui: 19 Agustus 2022   12:11 43 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: mahasiswa bersama kader Posyandu/dokpri

Foto: pemberian vitamin A di Posyandu RW 09 Leuwigajah/dokpri
Foto: pemberian vitamin A di Posyandu RW 09 Leuwigajah/dokpri
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Tematik yang dilangsungkan dari pertengahan bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus 2022. KKN ini bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM".

Kelompok KKN 83 UPI yang mendapatkan tema kelompok "Desa Sehat dan Sejahtera" di Cimahi Selatan telah merampungkan program kerja mereka yang dilaksanakan di Kelurahan Leuwigajah, Cimahi Selatan. Minggu pertama dan minggu kedua digunakan untuk mengurus perizinan, serta melakukan survei ke beberapa lokasi KKN. Sedangkan program kerja dilaksanakan pada minggu-minggu selanjutnya. Program kerja tersebut antara lain: penanaman tanaman teknik upside down di SMP Negeri 8 Cimahi, pemeriksaan jentik, pembuatan flyer cegah DBD (Demam Berdarah Dengue), survei data, serta imunisasi

Salah satu tempat pelaksanaan KKN Kelompok 83 KKN UPI adalah Posyandu RW 09 Kelurahan Leuwigajah, di mana Posyandu di wilayah RW 09 ini terbagi menjadi empat, yaitu Posyandu A yang terdiri dari 3 RT, Posyandu B yang terdiri dari 2 RT, Posyandu C yang terdiri dari 4 RT, serta Posyandu D yang terdiri dari 2 RT.

Program kerja Kelompok KKN 83 UPI berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan yang termuat dalam 20 indikator. Salah satu indikator tersebut adalah "Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi" yang direalisasikan melalui program imunisasi pada bulan Agustus, tepatnya pada Senin kemarin (15/08/2022) di Posyandu A RW 09. Program ini dilaksanakan oleh para kader posyandu dan dibantu oleh Kelompok KKN 83 UPI. 

Kegiatan imunisasi dimulai dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB. Kegiatan yang dilaksanakan mencakup imunisasi, pengukuran berat badan (BB), tinggi badan (TB), serta pemberian vitamin A kepada anak yang berusia 0 hingga 60 bulan (0 hingga 5 tahun). 

Kelompok KKN 83 UPI membantu para kader posyandu untuk melakukan pendataan berat badan (BB), tinggi badan (TB) dan pemberian vitamin A kepada anak-anak yang dikelompokkan berdasarkan wilayah RT tempat tinggal mereka. Hal yang tak kalah penting, mahasiswa juga membantu untuk melihat apakah anak-anak yang mengikuti program ini mengalami pertumbuhan yang signifikan atau tidak, atau bahkan anak-anak tersebut mengalami penurunan berat badan maupun tinggi badan. Hal ini dilakukan dengan memberikan tanda pada grafik pertumbuhan anak-anak tersebut. 

Setelah kegiatan selesai, mahasiswa pun turut membantu membersihkan lokasi imunisasi. Selain membantu dalam kegiatan imunisasi, Kelompok KKN 83 UPI juga melakukan survei dengan cara merekap dan menghitung data imunisasi RW 09 dari bulan Januari hingga Juli 2022 yang telah dikumpulkan di kader posyandu RW 09. 

Hal yang sangat disayangkan dalam kegiatan imunisasi ini ialah adanya anak-anak yang tidak diikutsertakan karena orang tua mereka tidak berkenan anak mereka untuk diimunisasi. Sebagian orang berpikir bahwa imunisasi dapat menyebabkan anak menjadi sakit, walaupun tentunya imunisasi memiliki manfaat yang baik untuk anak. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan