Mohon tunggu...
Salsabila Alodiatama
Salsabila Alodiatama Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

alodiatama

Selanjutnya

Tutup

Money

Dampak Perekonomian Indonesia dan Peran Media di Masa Pandemi Covid-19

4 Juni 2020   07:30 Diperbarui: 4 Juni 2020   07:58 1164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sesungguhnya dampak dari penyebaran virus covid-19 terjadi di berbagai sektor, baik di sektor rill atau bursa saham. Yang paling berat dirasakan adalah perekonomian secara global di Indonesia, dimana perekonomian tersebut mengalami perlambatan pertumbuhan.

Untuk menyikapi kasus tersebut, maka dimunculkan berbagai kebijakan seperti Work From Home(WFH). Social Distancing, Physical Distancing, hingga diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Terlihat sangat jelas bahwa  penerapan sikap-sikap di atas akan memperlambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Di Indonesia banyak terjadi penurunan penerimaan pajak, terutama dari sektor perdagangan. Seperti yang kita ketahui, bahwa pajak memiliki fungsi budgeter, yaitu sebagai salah satu sumber dana dalam pembangunan, baik pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Penerimaan pajak dari sektor perdagangan mempunyai kontribusi besar dalam penerimaan pajak yang berpengaruh besar terhadap perekonomian di Indonesia.

Beberapa media sosial juga berperan serta berusaha memberi semangat dalam menghadapi pandemi seperti ini. Mereka juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berbagi dalam masalah pandemi saat ini khususnya masalah perekonomian. Intinya, gerakan tersebut mendorong keluarga yang berkecukupan untuk saling memberi dan berbagi kepada sesama yang secara ekonomi kurang beruntung.

Secara tidak langsung, peran media kususnya media sosial telah berpengaruh terhadap budaya dan perilaku masyarakat saat ini, terlebih dengan adanya pandemi seperti ini. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka, seperti berdagang  online. Semula, mereka memasarkan dagangannya di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket. Kini mereka memasarkan dagangannya melalui situs-situs jual beli online.

Begitu juga kaitannya dengan era globalisasi saat ini, baik media massa maupun media sosial sangat membantu dalam hal penyebaran informasi dan komunikasi . Selain itu, pengetahuan informasi  dengan adanya media, mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat terhadap kehidupan sosial dan budaya. 

Dengan begitu, secara tidak langsung masyarakat saat ini telah mengalami proses modernisasi. Dari proses modernisasi tersebut, kita sebagai makhluk sosial akan mengikuti perkembangan zaman.  Kemudahan  berkomunikasi dan mengakses berbagai informasi, tidak hanya berdampak pada para konsumen media saja, namun juga menjadi salah satu keuntungan bagi pemilik media massa atau perusahaan media massa mendapatkan banyak tempat untuk menyebarkan informasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun