Mohon tunggu...
Salmun Ndun
Salmun Ndun Mohon Tunggu... Guru - Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain

Membaca itu sehat dan menulis itu hebat. Membaca adalah membawa dunia masuk dalam pikiran dan menulis adalah mengantar pikiran kepada dunia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Transformasi Kebangkitan: Melangkah Bersama dalam Potret Perayaan Hari Kebangkitan Nasional 2024

20 Mei 2024   06:05 Diperbarui: 20 Mei 2024   06:23 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

TRANSFORMASI KEBANGKITAN : MELANGKAH BERSAMA DALAM POTRET PERAYAAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL 2024

*Oleh Salmun Ndun,S.Pd., Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain, Kab. Rote Ndao

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 jatuh pada hari Senin, 20 Mei 2024. Tahun ini merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-116. Peringatan tersebut tentu memiliki sejarah panjang dan nilai-nilai kebangsaan yang besar. Momen perayaan ini tentu memiliki makna yang dalam dan menjadi pengingat akan perjuangan heroik para pahlawan masa lampau.

Harkitnas adalah momen yang memperingati semangat perlawanan dan kebangkitan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Sebagai tonggak sejarah yang penting, Harkitnas menandai awal mula kesadaran kolektif akan pentingnya persatuan, kebanggaan akan identitas bangsa, dan tekad untuk meraih kemerdekaan.

Tema yang diusung pada peringatan Harkitnas 2024 adalah "Bangkit Untuk Indonesia Emas" yang dipilih untuk menekankan pentingnya kebangkitan nasional dalam mengarahkan Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan berkemajuan, terutama dalam rangka menyongsong peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045, yang dikenal sebagai Indonesia Emas. Tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas" mencerminkan semangat untuk bangkit dari berbagai tantangan dan keterpurukan, serta dorongan untuk bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan lebih terarah dalam mencapai cita-cita besar bangsa.

Ulasan tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan perayaan Harkitnas tahun 2024 sebagai sebuah cermin perubahan dan kesatuan yang terjadi dalam momen penting ini. Dalam konteks perubahan, akan disoroti transformasi dan inovasi yang terjadi dalam perayaan tersebut, baik dari segi acara, partisipasi masyarakat, maupun pesan yang ingin disampaikan.  Selain itu, mengajak pembaca untuk merenungkan bagaimana perayaan ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk bersatu dalam meraih cita-cita bersama menuju masa depan yang lebih gemilang.


Harkitnas telah menjadi tonggak sejarah yang penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Latar belakang perayaan ini bermula dari Kongres Nasional Indonesia (KNI) yang pertama pada tahun 1928 di Jakarta, di mana para pemuda Indonesia menyuarakan sumpah pemuda yang menyatakan tekad untuk mempersatukan bangsa dan melawan penjajahan. Tanggal 20 Mei dipilih sebagai hari perayaan karena pada tanggal tersebut pada tahun 1908, Budi Utomo, organisasi pertama yang bergerak untuk kemerdekaan Indonesia, didirikan.

Perayaan Harkitnas 2024 menandai sebuah era transformasi yang menggambarkan adaptasi dan inovasi dalam memperingati momen bersejarah ini. Di tengah dinamika zaman yang terus berkembang, perayaan ini mengalami perubahan yang mencerminkan semangat baru dalam menyatukan generasi muda dan generasi tua. Dari penggunaan teknologi hingga penyelenggaraan acara, transformasi tersebut terasa nyata. Transformasi ini bukan hanya sekadar perubahan tata cara, tetapi juga merupakan upaya untuk menjaga relevansi dan memperkuat makna perayaan Harkitnas dalam konteks zaman yang terus berubah.

Perayaan Harkitnas 2024 juga tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang sejarah dan menghormati jasa para pahlawan, tetapi mengandung pesan dan makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Pesan utama yang ingin disampaikan melalui perayaan ini adalah tentang pentingnya mempertahankan semangat kebangkitan dan nasionalisme dalam menghadapi berbagai tantangan zaman modern.

Melalui refleksi terhadap perjuangan masa lampau, generasi saat ini diingatkan akan betapa pentingnya persatuan dan solidaritas dalam meraih cita-cita bersama. Makna dari perayaan ini pun terletak pada pemahaman akan nilai-nilai kepahlawanan, keberanian, dan pengorbanan yang harus terus dijunjung tinggi sebagai fondasi membangun bangsa yang lebih baik.

Dengan mempelajari dan menghargai perjuangan para pendahulu, generasi saat ini diingatkan akan tanggung jawab mereka untuk membawa bangsa ini menuju arah yang lebih baik. Langkah-langkah konkret dalam bidang pendidikan, pembangunan ekonomi, keadilan sosial, dan perlindungan lingkungan menjadi bagian integral dari perayaan ini. Dengan semangat kebersamaan dan kebanggaan akan identitas bangsa, serta mermbangun komitmen untuk mewujudkan cita-cita bersama sebagai bangsa yang maju, adil, dan sejahtera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun