Mohon tunggu...
Salmun Ndun
Salmun Ndun Mohon Tunggu... Guru - Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain

Membaca itu sehat dan menulis itu hebat. Membaca adalah membawa dunia masuk dalam pikiran dan menulis adalah mengantar pikiran kepada dunia

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Koperasi SEHATI: Satu Hati Untuk Sejahtera

17 April 2024   04:19 Diperbarui: 17 April 2024   04:44 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

KOPERASI SEHATI : SATU HATI UNTUK SEJAHTERA

*Oleh : Salmun Ndun,S.Pd., Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain, Kab. Rote Ndao

Tepatnya Senin, 15 April 2024, menjadi puncak bagi koperasi primer KSP Kopdit "SEHATI BA'A" untuk menyelenggarakan Rapat Pleno Anggota Tahunan ke XXXVII Tahun Buku 2023 dengan mengusung tema: Bertolak Lebih Dalam Bertumbuh dan Berkembang Bersama Anggota. Sebelum pelaksanaan Rapat Pleno, telah dilakukan Pra Rapat Anggota Tahunan (RAT) di sejumlah titik yang ada di wilayah pelayanannya dan melaksanakan proses pemilihan pengurus dan pengawas masa bakti 2024 -- 2028.

Pengalaman berkoperasi telah memberikan wawasan mendalam tentang betapa pentingnya kesejahteraan bersama melalui kolaborasi dan solidaritas. Ketika kita bersatu dan bekerja sama sebagai satu kesatuan, kita memiliki kekuatan yang luar biasa untuk mencapai tujuan yang lebih besar. 

Kolaborasi dalam koperasi bertujuan untuk saling mendukung dan mendorong satu sama lain menuju kesuksesan bersama. Solidaritas yang kami bangun dalam koperasi mengajarkan saya arti dari saling peduli dan bertanggung jawab satu sama lain, serta pentingnya memperjuangkan kesejahteraan bersama,.

Pentingnya Pelaksanaan RAT

Pelaksanaan kegiatan RAT merupakan salah satu acara penting dalam struktur koperasi yang bertujuan untuk memastikan transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan koperasi. Pentingnya RAT tidak dapat diabaikan karena acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk menyampaikan laporan keuangan dan kinerja koperasi kepada para anggota, tetapi juga sebagai forum untuk memperkuat demokrasi ekonomi di tingkat lokal.

Melalui RAT, anggota koperasi memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan, baik dalam menetapkan arah strategis maupun dalam pemilihan pengurus koperasi. Selain itu, RAT juga menjadi sarana untuk membangun kepercayaan antara pengurus dan anggota koperasi, serta meningkatkan transparansi dalam pengelolaan dana dan kegiatan koperasi. Dengan demikian, RAT tidak hanya merupakan kewajiban hukum, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memastikan kesinambungan dan keberlanjutan koperasi sebagai lembaga ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Membangun kesadaran akan kesejahteraan bersama dalam berkoperasi merupakan langkah penting dalam memperkuat fondasi koperasi sebagai wadah ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

Kesadaran ini tidak hanya melibatkan pemahaman akan pentingnya kerja sama dan solidaritas di antara anggota koperasi, tetapi juga menyadari bahwa keberhasilan individu dalam koperasi tidak terlepas dari kesuksesan kolektif. Melalui pendekatan edukasi dan sosialisasi yang komprehensif, anggota koperasi dapat diberdayakan untuk memahami nilai-nilai kesejahteraan bersama, seperti adil dan berkelanjutan, serta bagaimana kontribusi mereka secara aktif dapat membentuk dan memperkuat ekosistem ekonomi lokal.

Kesadaran akan kesejahteraan bersama juga mendorong anggota untuk bertindak secara bertanggung jawab, baik dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan koperasi maupun dalam menjalankan aktivitas ekonomi mereka sehari-hari. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun