Mohon tunggu...
SALMIN Adm
SALMIN Adm Mohon Tunggu... Penulis - penulis

publik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Desa Wisata Tanoker Ledokombo

29 September 2022   23:47 Diperbarui: 29 September 2022   23:50 95 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto bersama dengan pengelola desa wisata tanoker (dokpri)

Desa wisata Tanoker merupakan desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, Jawa Timur . Tanoker sendiri memiliki arti kepompong yang memiliki filosofi persahabatan anak anak yang ada di desa tanoker.

Desa wisata ini dikembangkan pada tahun 2009, di mana saat itu bapak Supo dan sang istri memutuskan kembali ke kampung halaman pak Supo dan melihat potensi yang ada seperti permainan tradisional anak anak yang ada di desa itu merupakan sesuatu hal yang unik, di rasa perlu di kembangkan dan di lestarikan . Permainan engrang merupakan salah satu permainan icon yang ada di desa tersebut bahkan dalam kunjungan kami kesana pak supo menjelaskan bahwa permainan engrang sudah tampil di luar negeri salah satunya thailand.

Desa tanoker bukan hanya sekedar destinasi wisata melainkan sebuah kampung belajar yang memiliki tujuan dalam rangka memperdayakan masyarakat, budaya, sosial dan ekonomi bagi anak anak buruh migran dan keluarganya karena sebagian besar masyarakatnya ledokombo adalah buruh migran.

Ada banyak destinasi wisata yang di bisa di jumpai di desa wisata tanoker ledokombo diantaranya yaitu; 1. bola lumpur 2. festival engrang 3. menjadi petani sehari 4. homestay 5. tanocraft

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan