Mohon tunggu...
SALMIN Adm
SALMIN Adm Mohon Tunggu... Penulis - penulis

publik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti PMM2 dan Tinggal di Jember

24 September 2022   00:52 Diperbarui: 24 September 2022   00:53 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perkenalkan saya, Salmin salah satu peserta ''Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022'' dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Universitas Halu Oleo, tepatnya di Kota Kendari. Dalam kesempatan kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya selama mengikuti PMM 2 di Universitas Jember, Kab. Jember, Prov Jawa Timur.

Salah satu kebahagiaan tersendiri bisa berkuliah di Universitas jember prodi ilmu administrasi negara selama satu semester dalam rangka kegiatan PMM2. Walaupun hanya satu semester banyak hal yang saya dapatkan selama berkuliah di Universitas jember. Saya banyak menemukan hal hal baru baik dalam perkuliahan maupun teman teman baru dengan berbagai karakter yang saya temui di jember, ada banyak hal menarik selama proses perkuliahan di Univ jember (culture shock) di mana di dalam pikiran saya bahwa setiap aktivitas mengajar hanya di lakukan di pagi sampe sore hari, tenyata saya salah di universitas jember ternyata memiliki jadwal perkuliahan di malam hari. Perbedaan waktu juga menjadi tantangan tersendiri ketika di kota kendari sholat shubuh jatuh pada jam 04.22 berbeda dengan kab jember yaitu pada jam 03,47 sehingga butuh waktu untuk menyusaikanya. Di jember juga teman teman tidak perlu khawatir dengan harga makanan yang mahal karena harga makanan di jember ternyata murah teman teman dengan harga 10 ribu teman teman udah dapat makanan dengan paket komplit.

Program pmm2 tidak hanya bertujuan untuk memperluas pengetahuan bidang akademik saja tetapi dapat memberikan kesempatan bagi teman teman untuk menyegarkan dan menguatkan sudut padang akan keragaman sebagai permesatu bangsa dan negara indonesia. Untuk memperkenalkan itu teman teman nantinya akan melaksanakan kegiatan modul nusantara sabtu minggu dalam sepekan untuk memperkenalkan budaya nusantara, khususnya yang ada di kab. jember. Berikut kegiatan modul nusantara yang saya lakukan selama di jember;

Taman Edukasi Kebangsaan (dokpri)
Taman Edukasi Kebangsaan (dokpri)
Pada kegiatan modul nusantara pertama bertepat di taman edukasi kebangsaan, kegiatan ini merupakan awal proses pengenalan sesama teman teman inbound pmm2 yang tergabung dalam kelompok 7. Ada banyak hal menarik dalam kegiatan ini yaitu permainan ular tangga kebudayaan di mana setiap teman teman yang akan melempar dadu dia akan di beri pertanyaan seputar adat istiadat di daerahnya (sharing session) untuk meningkatkan pengetahuan akan budaya dan solidaritas antar sesama.

Kunjungan Ke Museum Huruf (dokpri)
Kunjungan Ke Museum Huruf (dokpri)

Kunjungan museum huruf merupakan agenda kami selanjutnya di mana dalam kegiatan kami di sana yaitu untuk mengetahui secara langsung sejarah perkembangan huruf, hingga bisa masuk ke indonesia melalui koleksi benda benda peninggalan sejarah yang ada di museum huruf setelah itu di lakukan sharing session antara kami mahasiswa inbound pmm2 unej dengan pemilik museum untuk mengetahui lebih jauh terkait sejarah hingga awal didirikanya museum huruf yang ada di kab. jember.

Dalam kegiatan modul nusantara teman teman tidak hanya akan di bawa ke tempat wisata melainkan teman teman juga akan melakukan kegiatan refklesi untuk untuk mengetahui secara mendalam aktivitas kehidupan sosial ekonomi khususnya yang ada di kab. jember. Salah satu kegiatan refleksi kegiatan kami yaitu melakukan analisis film "Bhako" dimana film ini menceritakan keresahan masyarakat jember khususnya para petani tembakau dalam hal mendistribusikan hasil panel dalam artian hanya bergantung pada tengkulak yang di beli dengan harga murah.

Secara keseluruhan kegiatan selama tiga (3) minggu tersebut sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan kebudayaan yang ada di Indonesia terkhusus Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur serta nilai-nilai Pancasila. Harapannya kegiatan
tersebut menjadi bekal bagi kehidupan masing-masing mahasiswa dengan saling berbagi pengalaman dengan mahasiswa maupun teman yang lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan