Mohon tunggu...
Salman Fariz
Salman Fariz Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnalis Lepas

Penulis adalah seorang jurnalis lepas yang berbasis di Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pemain Anggar Jammu Shreya dan Javed Membuat India Bangga

20 Agustus 2022   15:49 Diperbarui: 20 Agustus 2022   15:53 102 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak emas (Golden girl) Shreya Gupta dari Jammu, India. | Sumber: femina.in

Oleh Salman Fariz

Seorang gadis dan seorang pemuda dari Jammu dan Kashmir (J&K), sebuah Wilayah Persatuan (UT) India, membuat UT serta negara mereka bangga dengan memenangkan begitu banyak medali di tingkat nasional dan internasional dalam olahraga yang disebut anggar.

Anggar berakar dari perkembangan ilmu pedang untuk duel dan bela diri. Ada tiga kategori yang disebut foil, pe dan sabre.

Ada tiga senjata di setiap kategori. Setiap senjata memiliki aturan dan strateginya sendiri. Anggar adalah olahraga Olimpiade.

Nama gadis muda tersebut ialah Shreya Gupta, yang berasal dari Jammu. Pada usia 18 tahun, ia telah menjadi sensasi anggar muda di India.

Pemain pedang anggar ini menarik perhatian semua orang ketika ia memenangkan tiga medali emas di kategori U-14 dan satu perunggu di kategori U-17 dalam Kejuaraan Anggar Nasional 2017 di Gwalior.

Sejak tahun 2017, Shreya, pemain anggar wanita pertama dari J&K, tak terhentikan.

"Ia meraih perunggu di Commonwealth Cadet and Junior Fencing Championship 2018, yang diadakan di Newcastle, Inggris. Ia juga memenangkan perunggu di Kejuaraan Anggar Nasional Asia Junior yang diadakan di Uzbekistan awal tahun ini. Ia adalah atlet wanita pertama dari J&K yang terpilih dalam skema Target Olympics Podium Scheme [TOPS] pemerintah India untuk Olimpiade Paris, sesuatu yang menjadi fokus pikirannya sekarang," lapor majalah Femina baru-baru ini.

Bulan ini, Shreya memenangkan medali perunggu dalam kategori pedang di acara tim pada Commonwealth Fencing Championship di London.

Orang mungkin bertanya-tanya bagaimana gadis muda ini tertarik pada anggar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan