Mohon tunggu...
Salmana Billah
Salmana Billah Mohon Tunggu...

Sederhana itu cantik :-)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Manusia

7 Juni 2015   02:47 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:19 1983 0 0 Mohon Tunggu...

Para ahli psikologi perkembangan, sering kali mempelajari kecepatan rata-rata atau tipikal proses perkembangan, dari seluruh mamalia dibumi, manusia adalah yang paling imatur sejak lahir, karena ia memerlukan periode belajar, perkembangan dan interaksi lebih panjang. Adapun salah satu tipikal perkembangan manusia dapat dilihat dari usia dia bisa berbicara, pembendaharaan dalam dirinya, tetapi biasanya para ahli psikolog perkembangan lebih memperhatikan bagaimana dan mengapa dibalik data tersebut, seperti bagaimana perilaku tersebut berkembang dan mengapa, mengapa sebagian anak menceloteh atau berjalan, apa perkembangan fisiologisnya dan bagaimana interaksinya dengan lingkungan.

Dari pernyataan diatas, maka kita perlu mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan adalah :

1.Hederitas (bawaan atau keturunan)

Disini, faktor yang mendominasi adalah dari segi biologisnya, seperti warna rambut, warna kulit dll, tetapi tingkahlaku pun juga mempengaruhi sikap si anak.

2.Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan adalah salah satu faktor yang terpenting dalam perkembangan manusia, sebab lingkungan merupakan alam pertama yang ia jamah, terutama lingkungan keluarga. Namun yang dimaksud disini bukanlah itu, tetapi masa-masa yang perlu diperhatikan oleh orang tua, meliputi :

a.Prenatal : kesehatan ibu, gizi ibu, pemakaian bahan kimia (dalam pemakaian obat), dan keadaan emosi ibu.

b.Natal : jenis kelahiran (normal, sungsang, operasi caesar), pengobatan ibu. Dalam hal ini biasanya IQ anak yang lahir normal lebih tinggi dari pada anak yang lahir sungsang dan operasi.

c.Post natal : jenis kelamin, umur gizi, perawatan, kepekaan terhadap penyakit, penyakit kronis, hormon-2, sikap orang tua dan stimulasi.

3.Peran kematangan

4.Lingkungan sosial

Diatas telah dijelaskan bahwa lingkungan adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan manusia, sebab lingkungan merupakan faktor penting untuk tumbuh kembang si anak, dari lingkungan ia bersosialisasi, bisa berbicara dan berinteraksi.

5.Status sosial

Status sosial merupakan salah satu faktor yang membentuk sikap dan tingkahlaku anak, biasanya anak yang dari kecil orang tuanya berstatus sosial tinggi, biasanya dia lebih cepat berfikir dewasa dari pada anak yang hidup dengan orang tua yang hanya masyarakat biasa.

6.Budaya, ras dan etnis

Sebenarnya, budaya ras dan etnis telah tercakup dalam lingkungan sosial, sebab budaya, ras dan etnis ada dalam lingkungan sosial.

7.Konteks sejarah

Konteks sejarah disini, merupakan suatu kejadian yang pernah dia alami, yang mampu menggugah atau merubah sikap si anak, bisa berdampak negatif, bisa juga berdampak positif.

Semoga bermanfaat

Salmana Billah

VIDEO PILIHAN