Mohon tunggu...
Salma Nabila Aswinda
Salma Nabila Aswinda Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah dan Kota - UNEJ 2019

191910501032

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Goa Pindul Merangkap Ekonomi dan Pariwisata

29 Oktober 2019   07:53 Diperbarui: 29 Oktober 2019   07:59 113 5 9 Mohon Tunggu...

Dalam kehidupan, manusia tidak terlepas dari adanya kebutuhan. Kebutuhan sendiri memiliki pengertian keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberi kepuasan. Kebutuhan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Misalnya, kebutuhan menurut intensitasnya dapat dibedakan menjadi 3 jenis kebutuhan. Kebutuhan tersebut yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan manusia yang benar-benar dibutuhkan manusia dan memiliki sifat wajib untuk dipenuhi. Apabila kebutuhan tersebut tidak dipenuhi maka akan mengganggu manusia dalam mencapai kesejahteraannya. Yang termasuk dalam kebutuhan ini yaitu gizi  (makanan dan minuman), pakaian, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Kebutuhan menurut intensitas yang selanjutnya yakni, kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi.  Kebutuhan sekunder ini contohnya makanan yang bergizi dan enak, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, dan tempat tinggal yang baik. Sehingga bisa dikatakan bahwa kebutuhan sekunder merupakan penyempurnaan dari kebutuhan primer.

Selain kebutuhan primer dan sekunder, menurut intensitasnya kebutuhan juga dibedakan menjadi kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier sendiri memiliki pengertian sebagai kebutuhan yang ditujukan untuk kesenangan hidup manusia. Kebutuhan tersier ini akan terpenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder manusia terpenuhi.  Contoh dari kebutuhan tersier ini yaitu mobil mewah, jet pribadi, perhiasan mewah, dan lain-lain. Namun, seiring berkembangnya zaman kebutuhan manusia kini  telah berevolusi.

Dahulu kebutuhan primer hanya berpaku pada kebutuhan akan makanan, pakaian, serta tempat tinggal. Namun sekarang menurut saya, pendidikan dan kesehatan merupakan kebutuhan primer. Karena dengan adanya pendidikan kita tidak hanya akan diajarkan mengenai ilmu pengetahuan, namun dengan adanya pendidikan kita akan diajarkan pula bagaimana kita harus bersikap dalam segala kondisi. Selain pendidikan, Kesehatan pun menjadi kebutuhan yang wajib, karena dengan kesehatan, manusia akan lebih mudah untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sehingga manusia akan menjadi lebih produktif. 

Selain kebutuhan-kebutuhan tersebut, manusia juga membutuhkan hiburan. Hiburan ini bisa kita dapatkan dengan berwisata. Indonesia ini memiliki berbagai macam wisata yang terbentang dari sabang hingga merauke. Wisata tersebut dapat berupa wisata alam maupun wisata buatan. Apa yang terbesit dalam benak Anda apabila mendengar mengenai wisata Indonesia? Pasti yang terpikirkan oleh kita yaitu Bali , Yogyakarta, Raja Ampat, dan banyak wisata lainnya.  Meskipun begitu, masih banyak pula wisata di Indonesia yang indah namun belum banyak orang yang tahu.

Kota Yogyakarta merupakan kota yang terletak di Provinsi DIY Yogyakarta. Kota yang berada di pulau jawa ini identik dengan keramahan warganya serta kentalnya budaya yang masih melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Kota yang dikenal dengan tagline " Jogja Istimewa" ini juga terkenal karena destinasi wisatanya yang beragam dan menarik.

Selain itu, banyaknya mahasiswa dari luar daerah yang datang ke kota ini untuk menempuh studinya juga menjadikan nama Jogja semakin dikenal orang. Wisata alam, budaya, pendidikan, serta wisata lainnya pun bisa kita temui di kota ini.

Salah satu destinasi wisata yang terdapat di Provinsi DIY ini yaitu Desa Wisata Bejiharjo. Desa Wisata Bejiharjo ini terletak di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini kurang lebih berjarak sekitar 36,5 km dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Untuk mencapai lokasi ini, kita bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

Desa Wisata Bejiharjo ini menawarkan berbagai pilihan wisata. Pilihan wisata tersebut diantaranya yaitu wisata edukasi, budaya, dan alam. Pada paket wisata edukasi kita bisa mendapat pengetahuan mengenai bagaimana cara budidaya ikan lele, cara penyulingan minyak kayu putih, cara pembuatan blangkon, serta napak tilas rute Jendral Sudirman.

Seperti yang kita tahu, Negara kita Indonesia ini merupakan Negara yang kaya akan budayanya. Kita tahu bahwa budaya merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus terus dilestarikan. Nah lalu bagaimana cara kita sebagai generasi milenial untuk melestarikan budaya yang ada?  Nah usaha yang dapat kita lakukan sebagai generasi milenial untuk melestarikan budaya yaitu dengan mempelajari budaya yang kita miliki. Mempelajari budaya yang kita miliki ini tidak harus melulu melalui text book.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN