Mohon tunggu...
Salma Anindia
Salma Anindia Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Airlangga

" Assalamualaikum "

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Fenomena Shopping Day di Tanggal Kembar

9 September 2022   19:35 Diperbarui: 9 September 2022   19:35 323 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Shopping atau belanja merupakan suatu kegiatan jual beli yang pasti dilakukan oleh seluruh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Belanja juga merupakan salah satu contoh dari budaya konsumen. Di mana para individu atau kelompok mempertimbangkan suatu barang/produk untuk dimanfaatkan jasanya sebagai bentuk pemuas kebutuhan ataupun eksistensi dirinya. Pada zaman yang semakin berkembang ini, tentunya kemajuan teknologi yang digunakan oleh para pebisnis terutama juga akan berbeda dan menjadi lebih maju dibandingkan sebelumnya. Dalam hal ini, belanja memliki beberapa metode baru yang membuatnya menjadi lebih mudah dan menarik. Pada umumnya, ada 2 metode belanja yaitu belanja secara langsung dari store/tokonya (belanja offline) dan belanja melalui aplikasi ataupun sosial media, biasa kita sebut dengan belanja online.

Seperti yang banyak kita ketahui, akhir-akhir ini belanja online memiliki lebih banyak peminat dan menjadi sangat populer dengan penawaran-penawaran produk yang menggiurkan para calon konsumennya. Belanja online sendiri juga telah menjadi budaya populer di kalangan masyarakat, budaya populer dapat diartikan sebagai gaya hidup suatu individu atau kelompok yang berlaku pada periode tertentu. Apa kalian mengerti istilah belanja di tanggal kembar? Jika kalian merupakan salah satu penggemar belanja online, pasti akan langsung mengerti apa maksud dari istilah tanggal kembar ini.

Maksud dari belanja ditanggal kembar ini adalah karena tanggal kembar dianggap suatu hal yang istimewa maka para pengusaha e-commerce terutama, menjadikan tanggal ini sebagai tanggal belanja dengan banyak promo dan benefit yang diberikan saat tanggal kembar di setiap bulannya. Bahkan, salah satu tanggal kembarnya yaitu 12.12 dijadikan sebagai HARBOLNAS atau Hari Belanja Online Nasional bagi masyarakat Indonesia. Contoh dari gebyar diskon saat tanggal kembar seperti "10.10 Super Shopping Day", "11.11 Big Sale","12.12 Mega Sale", dan sebagainya. Jelasnya pada istilah tanggal kembar 12.12 ini mengartikan bahwa angka 12 tersebut adalah tanggal 12 di bulan ke-12 (12 Desember/12.12).

Penggunaan tanggal kembar ini menjadi salah satu strategi para brand untuk mempromosikan produknya dengan memberikan diskon besar-besaran, voucher gratis ongkir, buy one get one, dan berbagai penawaran menarik lainnya. Faktanya, hal tersebut benar-benar dapat menarik banyak perhatian pembeli dan menghasilkan keuntungan berkali lipat dibanding tanggal-tangal biasanya.Ditambah lagi dengan adanya kemudahan dalam hal transaksi secara online seperti Mbanking, paylater, dan beberapa jenis dompet online lainnya yang sangat membantu konsumen dalam melakukan pembayaran produk dengan cepat dan aman.

Tetapi, budaya belanja di tanggal kembar ini memiliki beberapa pendapat pro kontra di kalangan masyarakat. Banyak juga yang berpendapat jika hal ini merupakan suatu perilaku yang konsumtif,  di mana masyarakat yang terlalu tergiur dengan banyaknya promo yang ditawarkan sehingga banyak dari mereka yang membeli barang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhannya yang mengakibatkan buruknya kebiasaan belanja dan menghabiskan banyak uangnya dengan sia-sia. Maka dari itu, diharapkan para pelaku konsumen menjadi lebih bijak dalam berbelanja dan dapat mengutamakan membeli yang memang merupakan kebutuhan penting sehari-hari dibanding membeli barang yang hanya semata-mata keinginan atau gengsinya saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan