Mohon tunggu...
Sal Billah
Sal Billah Mohon Tunggu... mahasiswa unisnu jepara

hidup seperti air

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Eksistensi Motor Vespa di Jepara

9 Juli 2019   11:26 Diperbarui: 9 Juli 2019   11:44 0 0 0 Mohon Tunggu...

Motor Vespa atau disebut dengan motor skuter iniberasal dari Italia. Sejak tahun 1946 motor ini mulai diproduksi. Seiring berkembangnyazaman dan mulai banyak negara-negara yang memproduksi sepeda motor, banyak orangyang menganggap bahwa motor Vespa merupakan motor yang kuno atau sudah tua danpeminatpun semakin berkurang. Tetapi pada zaman sekarang ini, motor Vespa sudahmulai menunjukkan eksistensinya kembali. Pada zaman sekarang ini banyak motor Vespayang sudah dimodifikasi sebagus dan secantik mungkin, sehingga mampu melirik parakonsumen-konsumen yang ada.

Menurut Ahmad Wijanarko atau sering disebut dengan Bang Janar, salah satu pecinta motor Vespayang masuk dalam komunitas IVJ (Ikatan Vespa Jepara). Dia menyukaiVespadikarenakan Vespa merupakan salah satu motor yang unik bentuknya.Vespa merupakan salah satu motor yang bodi atau badan motor terbuat dari bajadan bukan dari bahan plastik.Dalam komunitas vespa juga mampu menumbuhkan rasa kekeluargaan yang harmonisantar sesama anggotanya, ujar Bang Janar. 

Kualitas dari motor Vespa sangatlah bagus, diantaranyayaitu kuat, tidak mempunyai rantai dan juga vanbelt. Dan pada dasarnyaperawatan motor vespa juga sama dengan motor-motor yang lainnya. Yang lucunyalagi, motor vespa identik dengan suara yang aneh yaitu berbunyi "trengteng-trengteng",karena Vespa  menggunakan  dua tak dan tidak empat tak dan menggunakanoli campur sehingga menimbulkan suara yang mungkin sedikit berisik, tetapivespa yang sudah dimodifikasi sekarang ini tidak menimbulkan suara yangberisik. 

Mengenai harga Vespa yang dari tahun ke tahun bisamencapai puluhan juta. Pada zaman dulu harga Vespa memang relatif cukup murah,tetapi seolah dengan perkembangan zaman dan modifikasi yang telah dilakukan,motor Vespa mampu mecapai harga yang fantastik, mampu mencapai puluhan juta. 

Ketika menaiki motor Vespa akan merasakan keseruantersendiri, dan ketika di jalan-jalan pedesaan anak-anak kecil pada hormat, danmersakan enjoy dan santai ketika jalan-jalan dengan motor Vespa. (Sal Billah,Mahasiswa UNISNU Jepara, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan).