Mohon tunggu...
Sahiyatul Mahbubah
Sahiyatul Mahbubah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Gaya Belajar Zaman Now, Kamu yang Mana?

8 November 2022   23:14 Diperbarui: 8 November 2022   23:18 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahukah kamu bahwa ternyata setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda loh? Mengapa demikian? Lalu apakah ada hubungan antara gaya belajar dengan perbedaan zaman atau waktu? Tentunya ada karena setiap individu lahir dan hidup pada zaman yang berbeda dan perbedaan zaman itu pula yang membawa kita mengenal berbagai teknologi yang ada. Khususnya pada zaman yang serba modern dan canggih seperti sekarang ini.

Biasanya gaya belajar bisa diketahui saat proses pembelajaran. Jika kita bisa mengetahui seperti apa gaya belajar kita,maka kita dapat melakukan cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar. 

Gaya belajar merupakan variasi dalam bagaimana peserta didik mengumpulkan dan mengasimilasi informasi. Pada dasarnya, gaya belajar adalah metode terbaik untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan dengan lebih mudah. Masalahnya, setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda atau memahami informasi dengan cara yang berbeda, tidak semua orang memiliki gaya belajar yang sama.

Banyak yang mengatakan bahwa siswa zaman sekarang tidak sama dengan zaman gurunya saat dulu masih menjadi siswa. Ya, itu jelas! Kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi telah merevolusi pembelajaran. Berikut ini cara-cara pelajar kekinian memanfaatkan teknologi untuk belajar.

Lebih tertarik pada gambar (visual)

Pernahkah kita berpikir bahwa buku teks matematika dapat menampilkan animasi skala penuh seperti Daily Prophet di Harry Potter? Atau pernahkah Anda bermimpi bahwa rangkaian kata dalam buku teks terdengar seperti huruf-huruf dari sinetron tanpa kita harus membacanya? 

Perkembangan teknologi yang semaki pesat membuat kita semakin terbuka dengan arus informasi. Hal ini membuat kemasan hal-hal yang menarik secara visual lebih mudah untuk disimpan dalam memori. 

Bosan dengan pengiriman material seperti ini? Mungkin kita harus merasakan pembelajaran melalui video. Selain suara-suara yang dapat didengar seperti buku teks yang berbicara, kita juga dapat melihat ilustrasi yang sesuai dengan materi

Apalagi dengan tambahan animasi yang dapat bergerak, full colour, sesuai dengan kesukaan dan usia mereka dan sebaganyai halite juga membuat anak lebih tertarik dengan pembelajaran video dan tentunya kita juga harus memperhatikan durasi videonya karena jika terlalu panjang dikhawatirkan anak-anak akan bosan dan mungkin saja akan beralih tontonan ke video yang lainnya.

Istirahat di sela-sela belajar

Semalam kita sudah tidur cukup dan tidak sarapan banyak, jadi kenapa kita masih mengantuk ketika di kelas? Atau, ketika ditanya tentang materi yang diajarkan, tetap kosong meski tidak merasa mengantuk? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun